Mudik Lebaran ke Jakabaring Bisa Lewat Tol

Kompas.com - 21/04/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi tolKementerian PUPR Ilustrasi tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemudik yang akan pulang ke Jakabaring dari Kayuagung, nantinya dapat menggunakan jalan tol.

Hal ini menyusul Seksi I dari Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dibuka fungsional selama musim Lebaran 2019.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu menuturkan, ruas yang akan dibuka fungsional sepanjang 33,5 kilometer yang menjadi bagian dari jalan berbayar yang digarap PT Sriwijaya Markmore Persada, anak usaha WTR.

"Rencananya untuk ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung akan diperasikan fungsional saat lebaran. Khusunya Seksi I," kata Alex kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2019) lalu.

Baca juga: Akhir Maret, Pembebasan Lahan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu Dimulai

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung atau Kapal Betung dirancang memiliki panjang 111,69 kilometer. Jalan tol ini terbagi ke dalam tiga seksi.

Dua seksi lainnya yakni Seksi II Jakabaring-Musilindas sepanjang 33,9 kilometer dan Seksi III Musilindas-Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Melansir data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol, pekerjaan konstruksi Seksi I baru mencapai 60,34 persen. Sementara, konstruksi Seksi 2 40,85 persen dan Seksi III 5,85 persen.

Secara keseluruhan, pekerjaan konstruksi baru mencapai 32,82 persen.

"Konstruksi sudah mencapai 42 kilometer," ucap Alex.

Dalam catatan Kompas.com, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 kilometer telah beroperasi.

Kendati besaran tarif telah ditentukan, namun PT Hutama Karya (Persero) selaku badan usaha jalan tol masih belum menerapkan tarif yang ditentukan.

Adapun ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, rencananya juga akan dibuka fungsional saat musim lebaran mendatang. Saat ini, konstruksi jalan tol sepanajng 189,2 kilometer ini telah mencapai 92,86 persen.

Dengan beroperasinya ketiga ruas tersebut, maka Bakauheni-Jakabaring dapat ditempuh pemudik dengan dengan tol sepanjang 363,4 kilometer.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X