Presdir MMS Bantah Diskon Tarif Dorong Masyarakat Gunakan Tol

Kompas.com - 22/04/2019, 17:00 WIB
Chief Astra Infra Solutions, Krist Ade Sudiyono (tengah), membeberkan rencana operasional jalan tol Jombang-Mojokerto, Jumat (21/12/2018). Ruas jalan tol bagian dari Trans Jawa ini sudah bisa dioperasikan seluruhnya, setelah diresmikan Presiden Jokowi. KOMPAS.com/MOH. SYAFIIChief Astra Infra Solutions, Krist Ade Sudiyono (tengah), membeberkan rencana operasional jalan tol Jombang-Mojokerto, Jumat (21/12/2018). Ruas jalan tol bagian dari Trans Jawa ini sudah bisa dioperasikan seluruhnya, setelah diresmikan Presiden Jokowi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah persiapan dilakukan PT Marga Mandalasakti (MMS) guna mengantisipasi meningkatnya kepadatan arus kendaraan yang melintas di ruas Tol Tangerang-Merak.

Presiden Direktur PT MMS Kris Ade Sudiyono mengungkapkan, persiapan dilakukan agar para pemudik merasa nyaman, lancar dan aman selama melintasi jalan berbayar yang dikelola anak usaha PT Astra Infra Toll Road tersebut.

"Misalnya, penyediaan fasilitas di rest area, kesiapan mobil patroli dan rescue, perbaikan jalan yang rusak, koordinasi fasilitas kesehatan, koordinasi manajemen lalu lintas dengan pihak terkait, dan sebagainya," kata Kris kepada Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Terkait rencana pemerintah memberikan diskon kepada pengguna jalan tol, menurut dia, hingga kini pihaknya belum diajak komunikasi dengan pemerintah.

Hanya, Kris menilai, diskon yang diberikan pemerintah bukan hal utama yang menyebabkan masyarakat terpacu menggunakan jalan tol.

Baca juga: Pebisnis Jalan Tol Keluhkan Wacana Diskon Tarif Saat Lebaran

"Tarif diskon bukanlah ekspektasi utama para pemudik. Yang diperlukan adalah kenyamanan, kelancaran, dan keamanan arus mudik," cetus Kris.

Sebelumnya, pemerintah berencana kembali memberikan diskon tarif tol selama musim mudik Lebaran 2019. Namun soal besaran diskon yang diberikan, belum diputuskan.

"Insya Allah (ada diskon)," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Nantinya, imbuh Basuki, akan ada pembahasan mengenai hal ini antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk merumuskan besaran diskon yang diberikan.

"Nanti kita bicarakan itu. Maunya berapa," cetus Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X