Pebisnis Jalan Tol Keluhkan Wacana Diskon Tarif Saat Lebaran

Kompas.com - 22/04/2019, 16:00 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah memberikan diskon tarif jalan tol pada saat musim lebaran dikeluhkan badan usaha jalan tol ( BUJT).

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu menuturkan, hingga kini pihaknya belum diajak komunikasi dengan pemerintah untuk membahas persoalan ini.

"Sepengetahuan saya belum ada," kata Alex kepada Kompas.com, Minggu (21/4/2019).

Menurut dia, BUJT yang saat ini telah beroperasi memiliki kewajiban membayar bunga kepada kreditur.

Baca juga: Pengelola Belum Diajak Bahas Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran

Dengan munculnya wacana pemberian diskon, hal tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kemampuan BUJT dalam mengembalikan pinjaman.

"Jika ada kebijakan diskon tentunya berpengaruh pada kemampuan BUJT membayar kewajiban kepada kreditur dan membiayai kebutuhan operasional jalan tol," ungkapnya.

Meski demikian, Alex menambahkan, bukan berarti badan usaha tidak akan menjalankan kebijakan tersebut bila kelak telah menjadi sebuah kebijakan yang diputuskan bersama.

"Untuk kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, kami tetap akan melaksanakan," ucap Alex.

Sebelumnya, pemerintah berencana kembali memberikan diskon tarif tol selama musim mudik Lebaran 2019. Namun soal besaran diskon yang diberikan, belum diputuskan.

"Insya Allah (ada diskon)," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Nantinya, imbuh Basuki, akan ada pembahasan mengenai hal ini antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk merumuskan besaran diskon yang diberikan.

"Nanti kita bicarakan itu. Maunya berapa," cetus Basuki.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X