Kini, Masyarakat Bisa Ikut Membiayai Jalan Tol

Kompas.com - 15/04/2019, 13:33 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi merilis Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur (KIK-DINFRA), Senin (15/4/2019).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi merilis Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur (KIK-DINFRA), Senin (15/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan dirilisnya secara resmi penawaran umum Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur (KIK DINFRA) Toll Road Mandiri 001 oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI), di Bursa Efek Indonesia (BEI), kini masyarakat umum bisa ikut membiayai proyek jalan tol.

Hal ini ditegaskan Menteri BUMN Rini M Soemarno sesaat sebelum perdagangan KIK DINFRA Toll Road Mandiri 001 di BEI, Jakarta, Senin (15/4/2019).

"Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dengan berinvestasi di KIK DINFRA. Tidak hanya investor institusi. Ini merupakan salah satu bentuk pendalaman pasar," kata Rini.

Tak hanya inovatif dalam mengeluarkan tipe produk investasi, seperti dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pesannya yang disampaikan kepada Rini, BUMN pun harus dapat memperdalam pasar.  

Dengan demikian, yang dapat berpartisipasi aktif tidak hanya investor tipe kelembagaan, melainkan juga masyarakat umum (ritel).  

Baca juga: Bidik Rp 1 Triliun, Jasa Marga Lansir KIK DINFRA

Jasa Marga, sambung Rini, termasuk BUMN yang paling inovatif dan berani menerbitkan produk-produk investasi baru.

Pada 31 Agustus 2017 lalu, Jasa Marga juga telah mengeluarkan KIK EBA Mandiri JSMR 01. Hal ini diapresiasi juga oleh Jokowi.

"Pak Jokowi berpesan agar BUMN secara konsisten dan inovatif menerbitkan produk pendanaan baru yang bertujuan memperluas pembiayaan infrastuktur," imbuh dia.

Peresmian Jalan Tol Rembang-Pasuruan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (22/6/2018) di Pasuruan, Jawa Timur.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Peresmian Jalan Tol Rembang-Pasuruan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (22/6/2018) di Pasuruan, Jawa Timur.
"Melalui penawaran umum ini, kami berharap dapat memacu makin banyak lagi BUMN yang mengeluarkan produk serupa," imbuh Rini.  

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengutarakan hal senada. Menurut dia, KIK DINFRA mirip Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT).

"Hanya, bedanya masyarakat umum bisa masuk di KIK DINFRA," cetus Desi.

Desi melanjutkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jasa Marga dapat mengoperasikan 1.250 kilometer jalan tol hingga akhir 2019.

"Ini lonjakan 15 tangga. Sebelum 2014 jalan tol terbangun masih 593 kilometer. Sampai 2018 tambah 650 kilometer. Tantangannya funding, betapa besar investasi yang kami tanamkan," papar Desi.

Di satu sisi, perseroan membutuhkan sustainable growth, namun di sisi lain butuh biaya investasi yang sangat besar.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X