Strategi BPJT Dorong BPD Danai Proyek Jalan Tol

Kompas.com - 12/04/2019, 19:16 WIB
Ilustrasi jalan tolKementerian PUPR Ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Daerah ( BPD) diharapkan lebih berkontribusi dalam pendanaan proyek jalan tol. Saat ini, kontribusi BPD masih kurang dari 1 persen dari total pendanaan yang ada.

Sementara kebutuhan anggaran untuk penyelesaian 54 proyek jalan tol tahun 2015-2019, mencapai Rp 500 triliun.

Dalam kurun waktu tersebut, pembiayaan yang telah dikeluarkan senilai Rp 102,81 triliun.

Adapun pembiayaan terbesar baru berasal dari bank dan lembaga keuangan pelat merah, seperti PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), BNI, BRI, dan Bank Mandiri sebesar 63,23 persen.

Sementara lembaga non BUMN sebesar 36,77 persen.

Baca juga: BPD Diharapkan Lebih Aktif Danai Proyek Tol

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit menuturkan, ada beberapa upaya yang akan dilakukan BPJT untuk mendorong peran BPD dalam pendanaan jalan tol.

Pertama, BPJT akan menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) untuk memberikan pemahaman kepada BPD mengenai resiko jangka pendek dan jangka panjang dalam bisnis jalan tol.

"Karena itu kami akan mulai sosialisasi. Mitra kita Asbanda, akan memberikan pemahaman eksposur kepada mereka mengenai bisnis jalan tol," ungkap Danang di Jakarta, beberapa waktu lalu.

BPJT juga akan mendorong BPD untuk bermitra dengan bank nasional yang sudah terbiasa bermain dalam bisnis ini. Di samping juga mendorong kerjasama sindikasi antar sesama BPD.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada bank-bank tersebut, sehingga mereka dapat lebih terbiasa dan memiliki lebih banyak pengalaman dalam bisni jalan bebas hambatan.

"Seperti proyek enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta, Seksi 1 Pulo Gadung-Sunter itu kan sindikasinya sampai 30 bank. Itu kan tidak mudah. Kecil-kecil jadi satu, termasuk bank di Papua, itu bagian dari itu," jelas Danang.

Sebelumnya, BPD didorong untuk dapat meningkatkan penyaluran sindikasi pada proyek jalan tol.

Terutama untuk jalan tol yang dibangun di daerah masing-masing tempat BPD tersebut berada.

BPJT menargetkan peran serta BPD dapat tumbuh hingga 10 persen pada masa mendatang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X