Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kritik Karya Zaha Hadid, "Blogger" China Didenda

Kompas.com - 12/04/2019, 13:45 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CNN,SCMP

KOMPAS.com — Seorang blogger China didenda 200.000 yuan atau sekitar Rp 421 juta. Blogger tersebut mengkritik desain pengembangan Wangjing SOHO yang dirancang oleh arsitek Zaha Hadid, November 2018.

Pada Rabu (12/4/2019), Pengadilan Chaoyang memutuskan bahwa blogger  yang tidak disebutkan namanya itu harus membayar denda kepada pemilik bangunan karena telah dianggap menghina dengan kata-kata buruk.

Baca juga: Tak Hanya Gedung Ikonik, Zaha Hadid Juga Merancang Kapal

Penulis yang tidak diketahui namanya itu menulis di blog bernama S Shengunju S. Dalam tulisannya, ia mengatakan, rancangan gedung tidak sesuai fengsui. Hal ini, menurutnya, buruk untuk para penyewa.

Sementara Zhuhai Shengun Internet Technology yang mengoperasikan blog tersebut harus meminta maaf kepada pemilik gedung, Pan Shiyi.

Pengadilan juga mengatakan, tulisan dalam blog tersebut dapat menyesatkan pembaca dan merusak pendapat orang tentang bangunan itu.

Wangjing SOHO merupakan pengembangan proyek mixed-use terdiri dari tiga struktur yang membuatnya menjadi landmark paling menonjol dalam perjalanan dari bandara di Beijing ke pusat kota. www.designboom.com Wangjing SOHO merupakan pengembangan proyek mixed-use terdiri dari tiga struktur yang membuatnya menjadi landmark paling menonjol dalam perjalanan dari bandara di Beijing ke pusat kota.
Blog tersebut telah mengunggah analisis terkait fengsui pada arsitektur, lanskap, dan lokasi. Pemilihan lokasi bangunan dianggap memberikan energi negatif.

Bahkan, tulisan tersebut juga mendorong para penyewa untuk pindah sesegera mungkin.

"Jalan-jalan di sekitar Wangjing SOHO membentuk roh jahat yang besar, melambangkan konflik. Semua yang tabu dalam fengsui dapat ditemui di Wangjing SOHO," demikian tulis blog tersebut.

Fengsui merupakan salah satu pertimbangan penting dalam arsitektur China. Pakem ini masih digunakan di sebagian besar pengembangan proyek, termasuk pusat perbelanjaan, menara perkantoran, dan kasino di seluruh Asia.

Dalam sebuah pernyataan, hakim Hua Ou yang menangani kasus ini mengatakan tulisan tersebut menyesatkan.

"Tulisan itu meninggalkan kesan sepihak dan sewenang-wenang kepada pembaca dan mengotori reputasi perusahaan SOHO," tulisnya.

Pengembangan proyek ini berada di timur laut Beijing yang terdiri dari tiga menara. Masing-masing menara dibangun dengan tinggi 387 meter, 417 meter, dan 656 meter.

Hingga akhir 2018, okupansi di gedung tersebut mencapai 98 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com