Tak Hanya Gedung Ikonik, Zaha Hadid Juga Merancang Kapal

Kompas.com - 15/02/2019, 21:45 WIB
Konsep desain kapal ini merupakan turunan dari rancangan kapal induk yang dibuat untuk kapal pesiar sepajang 128 meter. Zaha Hadid ArchitectKonsep desain kapal ini merupakan turunan dari rancangan kapal induk yang dibuat untuk kapal pesiar sepajang 128 meter.

KOMPAS.com - Zaha Hadid tak hanya piawai merancang gedung-gedung unik yang ajdi tengara seperti Heydar Aliyev Center di Azerbaijan dan Dominion Office di Moscow.

Peraih Pritzker Prize tersebut juga mampu merancang desain baik eksterior maupun interior Unique Circle Yacht.

Baca juga: Hotel Karya Zaha Hadid Segera Dibuka

Rancangan desain Hadid terdiri dari lima buah desain kapal. Salah satu desain yang akan segera dibangun adalah JAZZ, hasil kerja sama dengan Blohm+Voss.

Unique Circle YachtZaha Hadid Architect Unique Circle Yacht

Konsep desain kapal ini merupakan turunan dari rancangan kapal induk yang dibuat untuk kapal pesiar sepajang 128 meter.

JAZZ sendiri rencananya akan dibangun sepanjang 90 meter. Secara keseluruhan, desain kapal terinspirasi dari buih dan cairan di bawah laut.

Eskterior terdiri dari serangkaian balok penopang yang terjalin unik. Desain yacht yang dinamakan exoskeleton ini memberikan sentuhan khas ala Hadid yang gemar merancang bangunan unik yang futuristik.

Jalinan struktur ini membuat tingkat dek kapal tidak terlihat.

Di dalamnya terdapat kolam renang yang terlindung dari pemandangan luar. Zaha Hadid Architect Di dalamnya terdapat kolam renang yang terlindung dari pemandangan luar.

Selain itu, konstruksi kapal yang baru akan dibangun ini dibuat khusus agar dapat menembus es tebal. Sementara interiornya terinspirasi dari bentuk buih di lautan.

Interior kapal dilengkapi dengan ruangan khusus dengan pemandangan bawah laut.

Di dalamnya terdapat kolam renang yang terlindung dari pemandangan luar. Sedangkan kamar tidur utama menghadap ke jacuzzi di dek.

Interior kapal dilengkapi dengan ruangan khusus dengan pemandangan bawah laut.
Zaha Hadid Architect Interior kapal dilengkapi dengan ruangan khusus dengan pemandangan bawah laut.

Selain JAZZ terdapat empat kapal lain yang dirancang dengan konsep desain ini. Kendati demikian, setiap setiap kapal akan dirancang sesuai dengan preferensi pemiliknya.

"Sebagai objek dinamis yang bergerak di lingkungan yang dinamis, desain kapal pesiar harus memasukkan parameter tambahan di luar untuk arsitektur," ujar Zaha Hadid.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X