Hotel Karya Zaha Hadid Segera Dibuka

Kompas.com - 10/12/2018, 15:51 WIB
The Opus Zaha Hadid ArchitectsThe Opus

KOMPAS.COM - Hotel ME Dubai yang menjadi bagian dari bangunan The Opus di Dubai akan dibuka pada akhir tahun ini.

The Opus merupakan salah satu karya Hadid yang belum selesai dikerjakan. Setelah wafatnya ratu arsitek dunia tersebut, pekerjaan ini kemudian diselesaikan oleh firma yang didirikannya.

Uniknya, desain gedung ini tetap mempertahankan gaya Hadid dengan bentuk yang mencolok seperti Guangzhou Opera House, London Aquatics Centre, dan Heydar Aliyev Center. 

Bahkan gedung ini akan menjadi salah satu karya Hadid yang fenomenal di Dubai. 

ME DubaiZaha Hadid Architects ME Dubai
Sementara ME Dubai merupakan proyek pertama di mana sang arsitek secara personal merancang seluruh aspek baik eksterior maupun interior hotel.

Tak hanya eksterior, interior hotel menyediakan kafe vertikal, lobby dengan desain melengkung yang juga didesain sendiri oleh Hadid.

Hotel ini akan menempati 19 lantai bangunan The Opus, yang terdiri dari 93 ruangan serta suite dan 98 ruang apartemen.

ME Dubai juga menyediakan 15 restoran bagi pengunjung, termasuk ROKA. ROKA merupakan merek restoran yang menyediakan olahan masakan Jepang.

Interior ME DubaiZaha Hadid Aechitects Interior ME Dubai
The Opus sendiri merupakan gedung dengan dua buah tower. Kedua tower ini dihubungkan oleh atrium setinggi empat lantai pada baian bawahnya.

Sementara pada bagian atas bangunan, terdapat jembatan setinggi 38 meter. Struktur jembatan inilah yang membentuk "rongga" pada bagian tengah bangunan, dengan bentuk yang seolah-olah diukir pada bagian tengahnya.

Melansir Forbes, bagian tengah bangunan ini menyajikan pemandangan yang eksterior bangunan. Sehingga struktur tersebut memberi kesan "kosong" pada bagian tengah bangunan.

Fasad bangunan sendiri dirancang reflektif yang berkilau pada siang hari, namun perlahan meredup pada malam hari.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X