Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JMP Siapkan Rp 90 Miliar Bangun 3 Hotel di "Rest Area" Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 07/12/2018, 09:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MAGETAN, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui tentakel bisnis properti, PT Jasa Marga Properti (JMP) mengalokasikan dana senilai Rp 90 miliar untuk membangun hotel ekonomi (budget) di tiga rest area Jalan Tol Trans-Jawa.

Pengembangan hotel ini sebagai realisasi dalam memenuhi aspek keselamatan, dan kenyamanan pengguna jalan tol yang dikelola Jasa Marga.

Saat beristirahat di rest area, pengguna jalan tol tak sekadar makan, minum atau mengisi bahan bakar, melainkan juga dapat beristirahat, dan melepas lelah di hotel ini.

Menurut Direktur Utama JMP Irwan Sumadiyo, ketiga fasilitas akomodasi tersebut berada di Jalan Tol Batang-Semarang, Solo-Ngawi, dan Mojokerto-Surabaya.

Baca juga: Keselamatan, Aspek Utama Kesiapan Tol Trans-Jawa

"Untuk saat ini kami baru melihat tiga rest area dari total 30 rest area di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola Jasa Marga. Itu intervalnya per 200 kilometer. Investasi Rp 30 miliar per hotel," tutur Irwan menjawab Kompas.com, Jumat (7/12/2018).

Sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan di Jalan Tol, ketiga rest area ini dianggap paling memenuhi persyaratan.

GM Tempat Istirahat dan Pelayanan JMP Hubby Ramdhani menambahkan, luas area ketiga tempat istirahat tersebut memenuhi Permen yakni lebih dari 6 hektar.

"Kami mempertimbangkan persyaratan yang ditetapkan Permen PUPR. Sejauh ini baru tiga rest area tersebut," tambah Hubby.

Jumlah kamar masing-masing hotel sebanyak 90 unit, dengan tarif sekitar Rp 300.000 dan masa tinggal maksimal 6 jam.

Untuk mengelola ketiga fasilitas akomodasi tersebut, JMP akan membentuk unit usaha operator hotel dengan brand  sendiri yang akan ditentukan kemudian.

"Kami targetkan hotel ini mulai beroperasi akhir 2019 mendatang. Saat ini perizinan masih dalam proses," tuntas Irwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com