Beli Rumah Rp 16.000 di Italia Bisa Lewat Daring

Kompas.com - 11/04/2019, 18:18 WIB
MussomeliMaurizio Di Maria, Comune Mussomeli Mussomeli

KOMPAS.com - Tren jual-beli rumah kosong seharga 1 euro atau sekitar Rp 16.000 melanda Italia. Beberapa desa di pedalaman negara ini mulai menjual properti yang tersisa dengan harga sangat miring.

Dilansir dari CNN, Kamis (11/4/2019), cara ini digunakan untuk menambah jumlah populasi yang berkurang sangat drastis di wilayah-wilayah pedesaan.

Namun sayang, beberapa desa hanya menggunakan tren ini untuk gimmick semata.

Baca juga: Tren Jual Beli Rumah Tua Seharga 1 Euro di Italia Makin Meningkat

Nyatanya, banyak calon pembeli yang harus membayar biaya tambahan yang jumlahnya tak sedikit.

Biaya tersebut termasuk renovasi serta deposit sebesar 15.000 dan 50.000 euro atau sekitar Rp 241,5 juta dan Rp 80,5 juta untuk setiap rumah.

MussomeliMaurizio Di Maria, Comune Mussomeli Mussomeli

Selain itu, banyak calon pembeli yang urung menempati properti tersebut karena masalah jarak dan tempat. Mereka yang berminat mayoritas berasal dari belahan dunia lain.

Untuk itu, dua buah desa yang juga menawarkan rumah seharga 1 euro itu meluncurkan situs penjualan resmi. Dua desa tersebut yakni Zungoli di Campania dan Mussomeli di Sisilia.

Situs ini memudahkan calon pembeli untuk memilih dan memesan rumah yang ada di kedua desa itu.

Baca juga: Hanya Rp 16.000, Anda Bisa Miliki Rumah di Italia

Di Zungoli misalnya, calon pembeli dapat mencari properti yang diinginkan lewat www.comunezungoli.it.

Keberadaan website khusus ini menyajikan informasi tentang harga lain yang harus dibayarkan.

"Transparansi adalah kunci, tetapi masyarakat harus datang dan melihat sendiri keindahan dari tempat ini, merasakan kulinernya dan menghirup udara segar dan sehat," ujar wali kota Zungoli, Paolo Caruso.

Zungoli. Borgo Creativo Zungoli.
Caruso menambahkan, dia membantuk tim berisi anak-anak muda untuk membantu calon pembeli dan menghubungkan mereka dengan kontraktor di daerah tersebut.

Setiap situs memberikan kemudahan pembelian. Mereka yang berminat cukup memilih properti yang diinginkan dan mengunduh formulir aplikasi.

Selain memasukkan data dan rincian rumah yang diinginkan, formulir ini juga akan meminta kesediaan calon pembeli untuk menyetujui beberapa biaya tambahan yang dikeluarkan, termasuk biaya renovasi selama tiga tahun, deposit, pajak.

Baca juga: Pariwisata, Upaya Menghidupkan Kembali Desa Hantu Italia

Jika rencana pembelian disetujui, maka akan situs tersebut akan segera mengirimkan kontrak ke calon pembeli.

Kemudian di Mussomeli, calon pembeli hanya perlu mengirimkan e-mail ke agen dan memberikan informasi properti yang diinginkan.

Setelah itu, mereka perlu mengunduh formulir yang disediakan. Daftar rumah yang dijual dapat diperoleh diwww.case1euro.it.

Setelah semua proses dilakukan, calon pembeli perlu datang ke lokasi dan membayar biaya deposit sebesar 5.000 euro atau sekitar Rp 79,79 juta. Lalu mereka akan dibawa berkeliling kota oleh agen yang ditunjuk.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X