Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rencana Konstruksi Elevator Kaca Tertinggi di Negeri Paman Sam

Kompas.com - 30/03/2019, 08:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Chicago memaparkan rencana untuk membangun elevator kaca tertinggi di Amerika Serikat yang dirancang menjulang 305 meter.

Elevator yang didesain oleh Solomon Cordwell Buenz tersebut akan dipasang pada Aon Center di Chicago. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat langsung ke atas gedung dalam waktu satu menit.

Elevator kaca ini akan dipasang pada eksterior banguan, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan kota saat menuju ke lantai tujuan.

Baca juga: Lift di Gedung Tertinggi Dunia Berkecepatan 600 Meter Per Menit

-SCB -

Aon Center di Chicago akan dilengkapi dengan dek observasi yang menyajikan pemandangan seluruh kota.

Dari tempat ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Danau Michigan, Millenium Park, dan The Loop. Selain itu, area observasi akan dilengkapi dengan lounge, ruang acara, dan restoran.

Dengan adanya atraksi ini, pengembang mengklaim dapat menarik sekitar 2 juta pengunjung setiap tahun serta menghasilkan lebih dari 900 juta dollar AS atau sekitar Rp 12,8 triliun.

Hal ini dinilai dapat memberikan dampak langsung ke sektor ekonomi dan pariwisata kota.

-SCB -

Aon Center merupakan gedung tertinggi ketiga di Chicago yang dirancang arsitek Amerika, Edward Durell Stone dan Perkins+Will.

Saat ini, rekor elevator tertinggi di dunia dipegang oleh Bailong Elevator yang membentang di tebing Wulingyuan di China. Elevator ini dibangun dengan ketinggian 326 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com