Kompas.com - 27/03/2019, 19:45 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan revitalisasi atau penataan kawasan Kota Lama di Semarang, Jawa Tengah, selesai pada akhir April 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan hal itu ketika mengunjungi lokasi proyek, Rabu (27/3/2019).

“Progresnya bagus, sudah lebih dari 80 persen. Ini akan selesai pada akhir April 2019," ujar Basuki.

Dia mengungkapkan, proyek ini telah dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dari tahun 2018 dengan anggaran total Rp 183 miliar.

Baca juga: Tengah Malam, Basuki Tinjau Pembangunan Bendung Karet Semarang

Menurut dia, pengerjaannya memerlukan sentuhan nilai seni, terutama yang menyangkut detail bangunan dan berbagai sarana yang ada di sana.

"Ini proyek murni PUPR karena ini kawasan heritage. Pekerjaannya enggak susah, pekerjaan seni. Saya minta mereka betul-betul bisa mengerjakan dengan seni, terkait detail, sambungan-sambungan, dan kebersihan," imbuh Basuki.

Penataan Kota Lama ini bertujuan menjadikan kota pusaka di Semarang menjadi kawasan yang lebih teratur, layak huni, nyaman, dan bisa menjadi tujuan wisata.

Selama ini banyak wisatawan yang datang ke Semarang lebih memilih ke Candi Borobudur atau kawasan wisata lainnya.

Nantinya diharapkan setelah revitalisasi ini rampung mampu meningkatkan pertumbuhan kegiatan perekonomian di sana, antara lain melalui pariwisata.

Selain di kawasan tersebut, Kementerian PUPR juga menggarap penataan kawasan warisan budaya, antara lain di Benteng Oranje di Ternate; Benteng Marlborough di Bengkulu, dan kawasan wisata Candi Borobudur.

Basuki mengharapkan semua proyek tersebut bisa rampung secara bertahap pada tahun ini, tetapi tidak disebutkan secara rinci waktu penyelesaiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.