Kompas.com - 26/03/2019, 09:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seksi 7 Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dari Sei Rampah hingga Tebing Tinggi mulai beroperasi sejak Senin (25/3/2019) pupuk 00.00 WIB.

Seksi sepanjang 9,26 kilometer ini akan beroperasi tanpa tarif alias gratis hingga 21 April 2019 mendatang.

"Seksi 7 dioperasikan tanpa tarif untuk memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat," ungkap Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol Iwan Rosa Putra dalam keterangan tertulis.

Bagi pengguna jalan yang berasal dari Kota Medan dan keluar di Gerbang Tol Tebing Tinggi, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Sei Rampah.

Baca juga: Peringati HUT Kementerian BUMN, Jasa Marga Gelar Program Pemberdayaan Masyarakat

Hal ini juga berlaku untuk arah sebaliknya, kendaraan yang masuk dari GT Tebing Tinggi keluar di gerbang tol wilayah Kota Medan hanya membayar tarif tol dari GT Sei Rampah.

Pembangunan seksi terakhir ini sebenarnya telah selesai pada Desember 2018. Seksi ini pun telah dibuka secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru 2019 lalu.

Dengan beroperasinya seksi terakhir, maka saat ini Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer telah beroperasi sepenuhnya.

Pengguna jalan yang mengakses jalan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh antara Medan dan Tebing Tinggi dari sebelumnya 2-3 jam melalui jalur eksisting, menjadi sekitar 1 jam.

Selain itu, keberadaan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi juga dapat memperlancar arus transportasi dan logistik antara Kota Medan, Bandara Internasional Kualanamu, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, dan Kawasan Pariwisata Danau Toba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.