Evolusi Transportasi Massal, dari Omnibus hingga Kereta Listrik

Kompas.com - 25/03/2019, 19:59 WIB
Ilustrasi PIXABAYIlustrasi

KOMPAS.com - Sejak 1820-an, berbagai bentuk transportasi umum telah menjadi bagian penting dari sejarah perkotaan.

Sejak saat itu, bentuk moda transportasi telah berubah, mulai dari transportasi konvensional yang menggunakan hewan hingga alat transportasi massal yang telah dilengkapi peralatan canggih.

Sejarah transportasi massal mulai berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi.

Pada mulanya, masyarakat Perancis menggunakan omnibus yang ditarik oleh kuda pada 1828. Alat ini mampu mengangkut 25 hingga 50 orang dalam sekali perjalanan.

dioperasikan oleh pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis jasa pengantaran di jalanan sibuk di perkotaan.

Omnibus pertama George ShillibeerWikimedia/Unknown Omnibus pertama George Shillibeer

Kemudian pada 1832, operator mulai memasang rel di jalanan sebagai opsi lain pengangkutan manusia. Hal ini dilakukan untuk mengurangi gangguan selama perjalanan sekaligus mengurangi beban yang harus ditarik.

Selanjutnya, transportasi massal berkembang cukup pesat ketika San Francisco mulai mengenalkan model cable car, yang sesuai untuk lanskap kota yang berbukit.

Cable car dioperasikan dengan cara ditarik oleh kabel yang berpusat pada mesin uap dari stasiun.

Ide alat transportasi ini berkembang ke kota-kota lain di Amerika Serikat untuk mengurangi efek samping dari pemanfaatan kuda di area perkotaan.

-Wikimedia/Aude -
Namun cara ini bukan tanpa tantangan, cable car dan alat transportasi sejenis sangatlah terbatas. Terlebih alat ini sangat bergantung oleh pemasangan rel di area-area tertentu dan memerlukan biaya investasi yang tidak sedikit.

Pada pertengahan abad ke-19 lokomotif uap mulai mengambil peran dan dapat melayani berbagai rute tersibuk. Alat ini dapat beroperasi lebih jauh dan lebih cepat karena tidak bergantung pada kabel.

Berlin merupakan kota pertama yang mengadaptasi teknologi listrik ke dalam alat transpotasi. Pada 1897, kota ini memanfaatkan kereta yang menggunakan listrik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X