Kurangi Kecelakaan, London Kembangkan "Zebra Cross" Tiga Dimensi

Kompas.com - 25/03/2019, 12:37 WIB
Zebra cross 3 dimensi (3D) di persimpangan St John Wood High Street, Westminster, Inggris. Dezeen.comZebra cross 3 dimensi (3D) di persimpangan St John Wood High Street, Westminster, Inggris.

KOMPAS.com – Pemerintah Kota London, Inggris, melakukan uji coba marka baru di jalan, yaitu jalur penyeberangan orang ( zebra cross) 3 dimensi (3D) yang dilukis pada ruas jalan di barat laut kota tersebut.

Menurut rencana, uji coba ini akan dilaksanakan selama satu tahun. Lokasinya terletak di persimpangan St John Wood High Street, Westminster.

Ini merupakan zebra cross 3D pertama di Inggris yang dibuat dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan para pengguna jalan di daerah itu, sekaligus mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Jalur penyeberangan bergaris-garis yang tampak mengambang itu menciptakan ilusi optik yang terlihat oleh pengemudi kendaraan yang datang dari kedua arah.

Tujuannya adalah agar zebra cross di persimpangan itu terlihat lebih jelas bagi pengendara sehingga mereka memperlambat kendaraan saat mendekatinya.

Baca juga: London Eye Bakal Punya Pesaing Baru

Jika percobaan ini berhasil, selanjutnya akan diterapkan di semua ruas jalan di wilayah Westminster.

"Ini bukan sekadar inovasi brilian yang membuat tampilannya lebih menarik dan modern, tetapi efek 3D juga membantu pengemudi untuk melihat persimpangan lebih mudah," kata anggota Dewan Kota Westminster, Tim Mitchell, seperti dilansir Dezeen, Senin (25/3/2019).

Dewan Kota Westminster memutuskan melakukannya di lokasi itu setelah mendapat banyak laporan dari penduduk setempat dan guru-guru di Barrow Hill Junior School yang berdekatan dengan persimpangan tersebut.

Mereka mengemukakan kekhawatiran tentang keselamatan para pengguna jalan di sana.

Posisi persimpangan itu juga berdekatan dengan Abbey Road, yang terkenal di Inggris yang terkenal ke seluruh dunia karena masuk sampul album ikonik The Beatles.

"Sungguh luar biasa melihat turis berduyun-duyun ke St John's Wood untuk memberi penghormatan kepada The Beatles di Abbey Road dan berjalan melintasi zebra cross terkenal di dunia untuk dikunjungi," kata anggota Dewan Lingkungan Westminster, Robert Rigby.

Meskipun ini merupakan jalur penyeberangan 3D yang pertama kali diuji coba di Inggris, tetapi perlintasan jalan serupa telah diuji coba di Islandia, India, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Menurut Rigby, jalur penyeberangan orang dengan ilusi optik seperti ini telah terbukti mampu meningkatkan keselamatan para pengguna jalan.

"Uji coba skema serupa di New Delhi, India, menunjukkan bahwa kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas di jalan yang menerapkan zebra cross seperti itu menurun 40 persen," ucap Rigby.



Sumber Dezeen.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X