Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Karawaci Raih "Rating Watch Positive" dari Fitch Ratings

Kompas.com - 21/03/2019, 17:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menempatkan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) pada peringkat Issuer Default Rating (IDR) Jangka Panjang CCC+.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/3/2019), perusahaan juga mendapatkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Perseroan di BB-(idn) pada Rating Watch Positive (RWP).

RWP mencerminkan tambahan ekuitas baru dari program pendanaan LPKR dengan likuditas yang substansial hingga akhir tahun 2020.

Fitch percaya perusahaan mempunyai kapasitas finansial untuk menjalankan kembali rencana perusahaan dan juga membayar beban bunga dan utang yang akan jatuh tempo.

Lembaga ini akan meninjau RWP ketika right issue telah dilakukan pada akhir Juni 2019.

Baca juga: S&P Turunkan Peringkat Lippo Jadi CCC+

Merujuk laman Fitch Ratings, hal ini kemungkinan bisa meningkatkan peringkat IDR LPKR sebesar satu takik (notch) menjadi B-, serta peringkat Nasional Jangka Panjang ke BB+(idn).

"Perusahaan telah mendapatkan conditional sale dan purchase agreement untuk menjual Puri Mall," tulis Fitch Ratings.

Meski dana yang didapatkan bisa memberikan perusahaan tambahan likuiditas selama setahun hingga akhir 2021, namun hal ini tidak akan meningkatkan profil kredit perusahaan di atas B-/BB+(idn).

Peningkatan peringkat oleh Fitch Ratings didapat tidak lama setelah Moody's Investors Service menaikan prospek peringkat LPKR menjadi "Stabil" dari sebelumnya "Negatif".

Sementara itu, S&P Global Ratings menempatkan peringkat kredit jangka panjang perusahaan dalam CreditWatch dengan implikasi positif.

"Pengakuan yang kami terima dari ketiga lembaga pemeringkat utama ini merupakan langkah positif bagi LPKR seiring upaya kami dalam waktu dekat untuk mewujudan program pendanaan dan rencana divestasi aset," ujar CEO LPKR, John Riady.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com