Kompas.com - 21/03/2019, 08:00 WIB
Ruang makan Muraka yang dibangun oleh Conrad Maldives Rangali di Maldives. Pembangunan vila hotel dengan kamar di bawah laut Samudera Hindia tersebut diklaim akan menjadi yang pertama di dunia. Dok. Conrad Maldives RangaliRuang makan Muraka yang dibangun oleh Conrad Maldives Rangali di Maldives. Pembangunan vila hotel dengan kamar di bawah laut Samudera Hindia tersebut diklaim akan menjadi yang pertama di dunia.

KOMPAS.com - Pemanfaatan ruang bawah laut kini semakin masif dilakukan. Dengan kemajuan teknologi, manusia kini bisa mewujudkan mimpinya melakukan aktivitas di bawah air.

Berbagai gedung mulai dikembangkan. Hasilnya pun menakjubkan. Bukan tidak mungkin nantinya banyak atraksi atau fungsi ruang yang akan dibangun dengan konsep serupa, seperti bangunan-bangunan di bawah ini:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Museum

Setiap patung yang ada di tempat ini merupakan hasil kolaborasi seniman Inggris, Jason deCaires Taylor dan pihak resor.Jason deCaires Taylor Setiap patung yang ada di tempat ini merupakan hasil kolaborasi seniman Inggris, Jason deCaires Taylor dan pihak resor.
The Sculpture Museum merupakan galeri seni yang berada di pusat karang terbesar di Maladewa.

Museum ini merupakan yang pertama dan satu-satunya yang berada di bawah permukaan air. Pembangunan museum memerlukan waktu hingga 5 bulan lamanya.

Museum ini menyajikan pemandangan karya seni patung yang ditata di sekitar instalasi kubus. Instalasi kubus ini dirancang setinggi 6 meter dengan celah yang dapat terlihat dari luar.

Dinding kubus sendiri didesain menyerupai struktur karang sehingga kehidupan bawah laut tidak terganggu.

Baca juga: Menikmati Indahnya Museum Bawah Laut

Sementara setiap patung yang dipamerkan merupakan karya dari seniman Inggris, Jason deCaires Taylor dan pihak resor. Patung ini dibuat untuk menarik perhatian masyarakat mengenai perubahan iklim.

Instalasi ini terendam di kedalaman tiga mter. Namun kedalaman ini dapat berubah, tergatung kondisi pasang surutnya air laut.

Restoran

Berada lima meter di bawah permukaan laut Norwegia, restoran yang dibangun sepanjang 36 meter ini dirancang oleh firma arsitek asal Norwegia, Snøhetta. 
MIR and Snøhetta Berada lima meter di bawah permukaan laut Norwegia, restoran yang dibangun sepanjang 36 meter ini dirancang oleh firma arsitek asal Norwegia, Snøhetta.
Menikmati santapan di bawah air, mengapa tidak? Salah satu restoran di Norwegia menerapkan konsep unik ini.

Restoran yang diberi nama Under tersebut mampu menampung 100 pengunjung di area seluas 500 meter persegi. Uniknya, lebih dari separuh bangunan berada di dalam air.

Baca juga: Konstruksi Restoran Bawah Laut Terbesar Dunia Segera Rampung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.