Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Lampung-Aceh Tersambung Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 08/03/2019, 13:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (8/3/2019) pagi.

Presiden mengatakan, setelah ini, pembangunan Tol Trans-Sumatera dari Terbanggi Besar di Lampung akan dilanjutkan sampai Palembang di Sumatera Selatan. Konstruksinya ditargetkan selesai pada Juni 2019.

“Ini adalah babak pertama yang kami resmikan dan kami harapkan nantinya pada bulan Juni, Bakauheni sampai Palembang juga akan tersambung dengan jalan tol ini,” kata Jokowi di Gerbang Tol (GT) Natar, Lampung Selatan, Jumat.

Baca juga: Gratis Sebulan Lewat Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Secara keseluruhan, Jokowi memastikan, jalan tol dari Lampung sampai Aceh sepanjang 2.770 kilometer bakal rampung terbangun pada tahun 2024.

“Ada yang bertanya kepada saya, kapan Lampung sampai ke Aceh akan tersambung? Saya jawab, 2024 Lampung sampai ke Aceh akan tersambung,” tambahnya.

Penyelesaian pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 kilometer yang dinilai cukup cepat ini antara lain dipengaruhi kelancaran proses pembebasan lahan.

“Kuncinya di lapangan, Lampung bisa jadi contoh pembebasan lahan yang begitu sangat cepat,” ucapnya.

Baca juga: Sah, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tol Terpanjang di Indonesia

Atas prestasi ini, Jokowi menyampaikan apresiasi tinggi kepada aparatur sipil negara (ASN) dan semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian ruas tol di wilayah Lampung tersebut.

Untuk diketahui, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dibagi menjadi empat paket.

Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer sudah selesai dan beroperasi pada Januari 2018.

Adapun Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer), Paket 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer), dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer) sudah rampung pekerjaan konstruksinya pada Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com