Sah, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 08/03/2019, 10:28 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019). Acara peresmian berlangsung di gerbang tol Natar, Lampung selatan. KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo meresmikan tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019). Acara peresmian berlangsung di gerbang tol Natar, Lampung selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera pada Jumat (8/3/2019).

"Dengan mengucap bismillahirrohmaanirrohim, saya resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Dermaga Eksekutif Bakauheni,” ucap Presiden di Lampung, Jumat pagi.

Dengan demikian, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sepanjang 140,9 kilometer ini sah menyandang predikat sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia yang resmi beroperasi.

Baca juga: Dimulai Sejak 2012, Ini Fakta Tol Terpanjang di Indonesia

Sebelumnya gelar itu disematkan pada Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang terbentang sepanjang 116,75 kilometer.

Jokowi menambahkan, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan ruas  tol paling panjang yang pernah dia resmikan.

Diharapkan selanjutnya pada bulan Juni 2019 jalan tol dari Bakauheni sampai Palembang bisa tersambung.

“Ini adalah babak pertama yang kita resmikan dan kita harapkan nantinya di bulan Juni Bakauheni sampai di Palembang juga akan tersambung dengan jalan tol ini,” imbuh Jokowi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X