Gratis Sebulan Lewat Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Kompas.com - 08/03/2019, 11:54 WIB
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Dok. Kementerian PUPRJalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar resmi beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (8/3/2019).

Jalan tol ini akan dibuka gratis untuk sementara waktu hingga menunggu keputusan penetapan tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Oh itu iya (dibuka gratis), dua minggu sampai satu bulan mungkin," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi peresmian, Jumat (8/3/2019).

Baca juga: Sah, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tol Terpanjang di Indonesia

Menurut dia, dibukanya jalan tol secara gratis selain untuk mengenalkan juga membiasakan keberadaan jalan bebas hambatan ini kepada masyarakat.

"Supaya orang menikmati dulu," kata Basuki.

Basuki menilai, keberadaan jalan tol sepanjang 140,7 kilometer ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama dalam memangkas waktu tempuh perjalanan.

"Coba lihat Bakauheni-Terbanggi Besar enggak ada sejam, bos. Bayangkan ini kalau sampai Palembang yang sampai 340 kilometer itu," ucap Basuki.

Baca juga: Dimulai Sejak 2012, Ini Fakta Tol Terpanjang di Indonesia

Untuk diketahui, setelah Bakauheni-Terbanggi Besar, pemerintah akan mengebut pekerjaan konstruksi Tol Terbanggi Besar hingga Palembang sepanjang 222,7 kilometer.

Ada dua ruas di sepanjang koridor tersebut, yakni Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer yang kini pekerjaan konstruksinya telah mencapai 89,77 persen.

Sementara konstruksi ruas Kayu Agung-Jakabaring yang menjadi Seksi 1 Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33,5 kilometer saat ini telah mencapai 60,34 persen.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X