Kompas.com - 05/03/2019, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kesadaran generasi milenial untuk memiliki rumah semakin meningkat. Mereka mulai mencari hunian yang sesuai dengan kapasitas dompet, serta dekat dengan tempat aktivitas.

Agar milenial bisa mengatur keuangannya untuk membayar cicilan rumah sambil tetap bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup seperti nongkrong di kafe, Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto punya saran rasional.

Menurut dia, keuangan harus diatur menggunakan sistem perhitungan persentase. Sebanyak apa pun penghasilan yang diperoleh setiap bulan, harus dibagi menjadi lima kelompok.

“Mengatur keuangan itu dengan persentase. Jadi berapa pun penghasilan, bisa terbagi jadi empat kategori, yaitu cicilan, pengeluaran rutin, menabung, serta sosial dan lifestyle,” kata Ligwina kepada Kompas.com, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Milenial Bergaji Rp 4 juta Bisa Punya Rumah, Simak Caranya!

Ligwina merinci keempat kategori tersebut yakni, pertama, cicilan untuk pembayaran rumah maksimal 30 persen dari penghasilan bulanan.

Kedua, pengeluaran untuk kebutuhan rutin setiap bulan antara 40 sampai 60 persen. Ketiga, uang untuk tabungan minimal sebesar 10 persen.

Terakhir, keperluan sosial dan gaya hidup maksimal 20 persen.

Jika seorang milenial berpenghasilan Rp 10 juta per bulan, maka pengeluaran maksimal yang dialokasikan untuk mencicil rumah adalah Rp 3 juta.

Kemudian, pengeluaran untuk kebutuhan rutin setiap bulan antara Rp 4 juta sampai Rp 6 juta.

Berikutnya diikuti dengan kewajiban menabung, yaitu menyisihkan Rp 1 juta. Terakhir, keperluan untuk sosial dan gaya hidup paling banyak Rp 2 juta.

Dia menambahkan, persentase dari setiap kategori itu tidak harus seperti yang disebutkan di atas.

Semuanya bisa berubah tergantung dari penghasilan dan pengeluaran setiap orang yang berbeda-beda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.