Milenial Bergaji Rp 4 juta Bisa Punya Rumah, Simak Caranya!

Kompas.com - 05/03/2019, 17:29 WIB
Kalangan menengah saat ini mempunyai dilema, karena untuk membeli harga rumah komersial sudah tidak sanggup, sementara untuk masuk ke skema rumah subsidi tidak memenuhi syarat. Mereka masuk dalam jebakan pasar rumah saat ini yang harganya sudah tidak terkendali. www.shutterstock.comKalangan menengah saat ini mempunyai dilema, karena untuk membeli harga rumah komersial sudah tidak sanggup, sementara untuk masuk ke skema rumah subsidi tidak memenuhi syarat. Mereka masuk dalam jebakan pasar rumah saat ini yang harganya sudah tidak terkendali.

JAKARTA, KOMPAS.com Generasi milenial berpenghasilan Rp 4 juta per bulan, bisa memiliki kesempatan untuk membeli rumah subsidi.

Pemerintah menyediakan kepemilikan rumah subsidi ini melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR Budi Hartono mengatakan, pemerintah menyediakan program FLPP itu sebagai usaha meningkatkan daya beli masyarakat di semua kelompok umur, termasuk kalangan milenial.

“Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan yang masih baru bekerja itu penghasilannya terbatas sehingga untuk mencicil rumah dengan bunga normal di bank itu berat. Makanya pemerintah meningkatkan daya beli mereka dengan fasilitas ini (FLPP),” ujar Budi Hartono saat ditemui di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Budi menjelaskan beberapa syarat untuk bisa mendapatkan FLPP, di antaranya belum mempunyai rumah, gaji pokok maksimal Rp 4 juta, dan melengkapai syarat administrasi, seperti KTP dan NPWP.

Baca juga: Milenial, Ini Cara Cepat Punya Rumah

“Kalau milenial masih bisa ya. Sangat mudah,” imbuhnya.

Cara mendapatkan rumah melalui fasilitas FLPP, kata Budi, mudah saja. Pertama, datangi lokasi proyek perumahan subsidi yang dibangun oleh pengembang.

Generasi milenial yang ingin membeli rumah itu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memilih jenis hunian sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Setelah itu, pilih skema pembiayaan ke bank dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan KPR FLPP.

“Harganya misalnya Rp 140 juta. Pilih rumah yang cocok, lalu bayar uang muka di bank, dan melengkapi syarat-syarat tadi. Bank akan memproses, kalau semua terpenuhi maka bisa langsung akad KPR,” jelas Budi.

Dia mengharapkan semakin banyak milenial yang mau memanfaatkan KPR FLPP karena bunganya rendah, yaitu 5 persen, dan tenor angsuran mencapai 20 tahun.

“Dengan bunga murah dan ditarik jangka waktu panjang maka angsurannya akan kecil. Jadi sangat mudah syaratnya dan bunganya murah,” pungkasnya. 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X