Milenial, Ini Cara Cepat Punya Rumah

Kompas.com - 05/03/2019, 10:37 WIB
Ilustrasi milenial SHUTTERSTOCKIlustrasi milenial

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak sedikit generasi muda zaman sekarang atau yang dikenal dengan istilah milenial yang sudah bekerja, berencana memiliki hunian.

Namun, bagaimana caranya supaya kaum milenial itu bisa mempunyai hunian yang diidamkan?

Pengamat gaya hidup generasi muda sekaligus dosen London School of Public Relations, Taufan Teguh Akbari, menawarkan beberapa tips untuk membantu perencanaan mereka supaya bisa mempunyai rumah.

Pertama, menurut Taufan, tentukan lokasi kantor untuk kerja dan pengembangan karier. Artinya, dari sini bisa diketahui seberapa banyak porsi waktu yang akan dihabiskan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Rumah Murah Tipe 36/60 Bisa Dicicil Rp 25.000 Per Hari

“Tentukan dulu kebutuhan karier ada di kota atau pinggiran, aktivitasnya ada di mana,” ucap Taufan saat ditemui seusai diskusi bertema “Perumahan untuk Generasi Milenial” di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (4/3/2019).

Kedua, pertimbangkan jenis hunian yang diminati. Ada dua pilihan, yaitu rumah tapak dan hunian vertikal yang berupa rumah susun dan apartemen.

Pikirkan secara matang sesuai selera, kesukaan, kebutuhan, dan karakter pribadi milenial yang akan menempati hunian tersebut.

Ketiga, faktor kondisi fisik bangunan, baik eksterior maupun interior, juga perlu menjadi pertimbangan untuk menentukan tipe hunian yang akan dipilih.

“Interior yang dibuat seperti apa. Jangan sampai lebih betah di luar dibanding rumah sendiri.  Rumah harus jadi istana yang paling nyaman buat keluarga, jangan jadi kayak gudang,” imbuh Taufan.

Keempat, yaitu mengenai metode pembayaran. Sebelum menentukan cara membayar, baik tunai maupun kredit, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika membayar secara tunai, tentunya harus mempunyai uang dalam jumlah besar sesuai harga hunian yang dibeli. Tidak banyak orang yang mempunyai kemampuan seperti itu.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X