Kompas.com - 05/02/2019, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya gawai atau ketersediaan infrastruktur transportasi, cicilan pun  menjadi salah satu gimmick yang ditawarkan pengembang properti untuk menggaet pembeli.

Seperti perumahan Buana Residence di Lebak, Banten, yang dikembangkan Roman Group, dijual seharga Rp 130 juta untuk tipe 30/60.

Dengan uang muka Rp 7 juta, Anda bisa mencicil hunian tersebut sekitar Rp 725.952 per bulan selama 20 tahun.

"Itu sama saja cicilannya Rp 25.000 per hari," ucap salah seorang tenaga pemasaran Ferry kepada Kompas.com, saat pameran Indonesia Property Expo 2019 di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Sementara, bila ingin mencicil selama 25 tahun, maka setoran bulanan yang harus dibayarkan yaitu Rp 650.050 atau setara Rp 21.000 per hari.

Baca juga: Libur Imlek, Yuk Pilih Rumah dekat Stasiun

Proyek lain yang tak kalah menarik adalah hunian jangkung yang dikembangkan Delta Group, Delta Cakung Apartemen.

Berlokasi di Jalan Penggilingan Nomor 56, Cakung, Jakarta Timur, ada dua macam cicilan yang ditawarkan yaitu subsidi dan non subsisid.

Untuk KPA subsidi, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 170 juta hingga Rp 285 juta. Besaran uang muka juga bervariasi mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 20 juta selama pameran berlangsung.

Demikian pula soal angsuran juga bervariasi mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 2,5 jutaan, tergantung tenornya.

"Untuk tenor 15 tahun tipe 1 bed room sekitar Rp 1,85 jutaan. Sama artinya dengan Rp 60 ribuan per hari," kata salah seorang marketing, Prasetyo.

Baca juga: Pilihan Rumah Murah Rp 150 Jutaan, DP Mulai Rp 5 Juta

Sementara untuk KPA non subsidi yang ditawarkan mulai dari Rp 365 juta hingga Rp 905 juta. Adapun untuk uang muka yang harus dibayarkan yaitu Rp 31 juta hingga Rp 181 juta.

Sedangkan cicilannya berkisar antara Rp 3,3 juta hingga Rp 9,5 jutaan untuk tenor antara 15 hingga 10 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.