Arsitek-arsitek Indonesia yang Berjaya di Luar Negeri

Kompas.com - 05/03/2019, 19:47 WIB
Dancing Mountain HouseFernando Gomulya Dancing Mountain House

JAKARTA, KOMPAS.com - Prestasi arsitek- arsitek Indonesia di tingkat internasional, patut mendapat apresiasi. Beberapa penghargaan dan pengakuan berdatangan atas hasil karya mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, dalam catatan Kompas.com, baik arsitek maupun perusahaan yang menaunginya sukses unjuk taji di berbagai ajang perlombaan internasional.

Berikut daftar arsitek Indonesia yang mendapat pengakuan dunia.

Budi Pradono

Arsitek Budi Pradono melalui Budi Pradono Architects (BPA) berhasil meraih penghargaan dalam Arcasia Architecture Awards (AAA) pada 2016.

Arcasia merupakan Dewan Arsitek Regional Asia yang dibentuk oleh 19 organisasi arsitek se-Asia mulai dari China hingga Pakistan.

Budi mendesain rumah yang diberi nama Dancing Mountain House. Karyanya ini, diganjar sebagai proyek residensial terbaik seantero Asia.

Desain rumah yang dirancang Budi berkonsep borderless home atau rumah tanpa sekat.

Hal ini membuat desain rumah terasa lebih lapang dengan berpusat pada ruang keluarga berupa ruang makan utama.

Proyek perumahan di Salatiga dengan penyelesaian pada 2014 silam ini diakui Budi sebagai bentuk dedikasi terhadap mendiang ayahnya, yang merupakan seorang pendidik dan pengajar di sebuah universitas lokal kota tersebut.

Budi juga membangun perpustakaan umum di sekitar kompleks rumah tersebut.

Selain Dancing Mountain House, karya lainnya yakni Casablancka Residence pernah masuk dalam daftar nominasi ArchDaily's Building of The Year 2018.

Casablancka Residence yang dirancang Arsitek Budi Pradono.Archdaily Casablancka Residence yang dirancang Arsitek Budi Pradono.
D-Associates

Bersama dengan BPA, D D Associates juga menerima penghargaan Arcasia Architecture Awards (AAA).

Rumah bernama Dra House tersebut meraih penghargaan untuk kategori "Perumahan Individu Bukan Keluarga". Karya D-Associates di Bali ini memadukan unsur estetis, modern, dan alam.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X