Digeber, 4 Ruas Tol Trans-Sumatera Siap Dilintasi

Kompas.com - 28/02/2019, 08:48 WIB
Jalalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Dok. Kementerian PUPRJalalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat ruas Jalan Tol Trans-Sumatera siap diresmikan dan beroperasi secara bertahap dalam waktu dekat.

Ruas tol tersebut adalah Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140,93 kilometer dan ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 7 sepanjang 9,1 kilometer.

Kemudian ruas Medan-Binjai (segmen Helvetia-Veteran) sepanjang 2,75 kilometer dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang dibangun sepanjang 189,2 kilometer.

Baca juga: Jalan Tol Jalur Neraka Siap Beroperasi Juli 2019

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, mengatakan, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Jalan Tol MKTT seksi 7 sudah mengantongi sertifikat laik operasi.

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi BesarDok. Kementerian PUPR Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Sementara ruas Medan-Binjai (segmen Helvetia-Veteran) masih dalam proses penerbitan Sertifikat Laik Operasi di Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

Adapun ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung masih dalam proses penyelesaian konstruksi.

"Jika melihat capaian selama empat tahun terakhir maka Tol Trans-Sumatera dari Bakauheni sampai Banda Aceh dengan panjang sekitar 2.000 kilometer akan tersambung secara bertahap hingga tahun 2024," ucap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/2/2019).

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki empat seksi yaitu Seksi 1 Bakauheni-Sidomulyo (39,4 kilometer), di mana Segmen Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni (8,9 kilometer) sudah beroperasi Januari 2018.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing TinggiDok. Kementerian PUPR Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi
Kemudian Seksi 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer) dengan Segmen SS Kotabaru – SS Lematang (5 kilometer) juga sudah beroperasi Januari 2018. Seksi 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer) dan Seksi 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer).

Sedangkan Jalan Tol Medan-Binjai memiliki 3 seksi yakni Seksi 1 ruas Tanjung Mulia - Helvetia (6,27 kilometer), seksi 2 ruas Helvetia - Semayang (6,18 kilometer) dan seksi 3 ruas Semayang-Binjai (4,28 kilometer) sudah beroperasi penuh pada Oktober 2017.

Adapun Jalan Tol MKTT seksi 2-6 Parbarakan hingga Sei Rampah (41,65 kilometer) telah diresmikan Oktober 2017 dan Seksi 1 Tanjung Morawa-Perbarakan termasuk Simpang Susun Kemiri (10,75 kilometer) telah beroperasi pada Juni 2018.

Jalan Tol Medan-BinjaiDok. Kementerian PUPR Jalan Tol Medan-Binjai
Lalu Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang terdiri dari dua seksi masih dalam tahap konstruksi.

Kedua seksi tersebut yakni seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 kilometer (89,06 persen) dan seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer (90,90 persen).

Secara keseluruhan, pada tahun 2019, ditargetkan pembangunan sepanjang 1.070 kilometer termasuk beberapa ruas tol Trans-Sumatera sehingga total menjadi 1.852 kilometer.

Kehadiran Tol Trans-Sumatera bertujuan untuk menurunkan biaya logistik nasional serta menjadi alternatif Jalan Lintas Timur Sumatera yang sudah ada.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X