Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Time Lag" Dampak Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 27/02/2019, 17:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur yang terus digeber pemerintah diakui tidak bisa langsung dirasakan dampak sosial ekonominya bagi masyarakat.

Menurut Direktur Eksekutif INDEF Enny Sri Hartati, ada time lag sebelum akhirnya infrastruktur benar-benar dirasakan dampaknya.

"Tidak ada best practice berapa bulan atau berapa tahun time lag ini," kata Enny dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Pas FM, Rabu (27/2/2019).

Baca juga: Sebelum Bangun Infrastruktur, Pemerintah Harus Serap Suara Pengusaha

Cepat atau lambatnya dampak pembangunan infrastruktur dirasakan tergantung dari jenis infrastruktur yang dibangun.

Misalnya, untuk infrastruktur yang dibangun untuk menurunkan indeks biaya logistik, tentu dapat lebih cepat dirasakan dampaknya kepada masyarakat.

Karena itu, ia menambahkan, penting bagi pemerintah dalam berkomunikasi dengan pelaku industri sebelum membangun infrastruktur.

Sebab, tujuan pemerintah dalam mempercepat pembangunan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menurunkan biaya angkut logistik dan jasa.

"Kalau memang kebutuhan yang diinginkan pelaku usaha ini tersedia, maka mereka akan punya rencana pengembangan bisnis yang selama ini sudah dilakukan. Selain itu, dengan adanya opportunity, akan meningkatkan daya saing dan menurunkan biaya dan meningkatkan competitiveness," tuntas dia.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tarif Tol Trans-jawa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com