Kompas.com - 26/02/2019, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) selaku badan usaha jalan tol (BUJT) yang membangun Tol Cibitung-Cilincing mengklaim pembangunan fisik ruas tol tersebut telah 45 persen, sedangkan pembebasan lahannya sudah sekitar 76 persen.

Direktur Utama PT CTP Thorry menargetkan konstruksi jalan tol sepanjang 34,02 kilometer itu bisa selesai pada akhir tahun 2019.

“Sampai Februari ini progresnya sudah 45 persen, kami akan menggenjot terus supaya bisa beroperasi akhir tahun ini atau paling lambat Januari 2020 untuk seluruh ruas Cibitung-Cilincing,” ujar Thorry saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing dan Krian-Manyar Dapat Pinjaman Rp 10,7 Triliun

Dia mengharapkan pembebasan lahan bisa rampung seluruhnya pada pertengahan tahun ini sehingga pembangunan jalan bisa diteruskan dan diselesaikan sesuai target.

Untuk itu, CTP juga bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan Pemerintah Kota Jakarta Utara guna mempercepat pembebasan lahan.

Tol Cibitung-Cilincing terdiri dari empat seksi, yaitu Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,96 kilometer, Seksi 2 Telagaasih-Tembelang sepanjang 9,41 kilometer, Seksi 3 Tembelang-Mekarjaya sepanjang 13,09 kilometer, dan Seksi 4 Mekarjaya-Cilincing sepanjang 8,56 kilometer.

Diharapkan keberadaan tol itu bisa mempersingkat waktu tempuh perjalan dan mengurangi pengeluaran angkutan logistik di wilayah timur ke utara Jakarta, serta membuka kesempatan perkembangan perekonomian di sekitarnya.

“Kami harap bisa bermanfaat untuk efisiensi waktu, hemat biaya logistik, juga kemungkinan membuka bisnis baru untuk kawasan industri dan perumahan di timur Jabodetabek,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.