Arsitek China Rancang Atap Lipat Pasar Tradisional

Kompas.com - 26/02/2019, 08:30 WIB
Pasar yang awalnya kosong itu direnovasi dengan menghilangkan batas arsitektural. Chen YuPasar yang awalnya kosong itu direnovasi dengan menghilangkan batas arsitektural.

KOMPAS.com — Studio asal Beijing, Bengo, merancang ulang desain pasar petani dengan bangunan baru yang berlokasi di Desa Xiajiao, Kota Diankou.

Bangunan tersebut meliputi area seluas 800 meter persegi dan dibangun sejak 2003.

Pasar ini merupakan titik awal kehidupan sehari-hari penduduk desa. Setiap hari, ruang jual beli tersebut dibuka mulai pukul 05.00 hingga 08.00.

Namun, seiring dengan perubahan situasi ekonomi negara itu selama 15 tahun terakhir, pasar tidak lagi digunakan oleh penjual.

Akhirnya, banyak penjual yang menempatkan kios mereka di sepanjang jalan yang membentang menuju pasar.

Perubahan lain yang dilakukan adalah pada konfigurasi setiap kios yang membagi area kios dengan pembeli. Chen Hao Perubahan lain yang dilakukan adalah pada konfigurasi setiap kios yang membagi area kios dengan pembeli.
Untuk menghidupkan kembali ruang jual beli tersebut, pengelola desa akhirnya bekerja sama dengan Studio Bengo dan masyarakat.

Sebelum mulai merancang pasar, Studio Bengo mewawancarai penduduk desa untuk mengetahui kebutuhan masyarakat.

Hasilnya pasar yang awalnya kosong itu direnovasi dengan menghilangkan batas arsitektural. Studio tersebut tidak membangun dinding, tetapi memberikan ruang terbuka sehingga pelanggan bisa masuk dari berbagai arah.

Studio tersebut juga mengganti atap miring pasar dengan kanopi yang dapat dilipat.Chen Hao Studio tersebut juga mengganti atap miring pasar dengan kanopi yang dapat dilipat.
"Batas arsitektur dihilangkan dan pasar dengan demikian menyambut penduduk desa untuk masuk dari segala arah," kata studio tersebut.

"Atap lipat juga memungkinkan cahaya masuk dari sisi atap sehingga meningkatkan kondisi pencahayaan di dalam ruangan," lanjut studio itu.

Selain itu, studio tersebut juga mengganti atap miring pasar dengan kanopi yang dapat dilipat.

Selama setengah tahun setelah renovasi, para penjual sudah kembali ke dalam pasar.Chen Hao Selama setengah tahun setelah renovasi, para penjual sudah kembali ke dalam pasar.
Perubahan lain yang dilakukan adalah pada konfigurasi setiap kios yang membagi area kios dengan pembeli.

Selain itu, barang yang dijual dapat ditumpuk dengan aman di dalam ruang, sementara pelanggan diberi cukup ruang untuk menelusuri barang yang ditawarkan dengan nyaman.

Selama setengah tahun setelah renovasi, para penjual sudah kembali ke dalam pasar. Tidak ada lagi pedagang yang menggelar dagangan mereka di pinggir jalan menuju ke pasar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X