Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kita Surplus, buat Apa Impor Air?

Kompas.com - 19/02/2019, 23:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, Indonesia tidak pernah melakukan impor air dari luar negeri.

Menurut dia, selama ini sumber daya air di dalam negeri sudah cukup melimpah.

"Sepengetahuan saya, saya itu tidak pernah impor air. Enggak pernah, orang kita ini kelebihan (surplus) air, orang banjir," kata Basuki di Bandung, Selasa (19/2/2019).

Basuki menanggapi pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat debat putaran kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2/2019).

Saat itu, Prabowo menyatakan, suatu negara dikatakan bisa berhasil kalau bisa memenuhi pangan untuk rakyatnya, energi untuk rakyatnya, dan air tanpa impor.

Baca juga: Bantah Prabowo, Basuki Bilang Bangun Infrastruktur Tak Bisa Tiba-tiba

Basuki mengaku tak mengetahui apa yang dimaksud impor air oleh Prabowo. Kalaupun ada impor, ia memastikan, air yang dimaksud bukanlah air yang menjadi barang sosial.

"(Mungkin) itu industri, beda. Beda dengan sumber daya air ini. Misalnya, Equil, Evian, itu sudah barang sosial lagi, barang industri. Saya enggak tahu kalau itu," katanya.

Basuki pun memastikan, Kementerian PUPR tidak pernah mengimpor ataupun mengekspor air meski jumlahnya berlebihan.

Jika dilihat dari potensinya, Indonesia sebenarnya mampu mengekspor air ke negara lain.

"Orang kita mau kirim dari Bintan ke Singapura aja kita larang. UU dulu (menyebutkan) sebelum bisa memenuhi untuk diri sendiri belum boleh mengekspor. Dulu Singapura mau impor air dari Bintan, tapi kita larang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com