Dua Tahun, Jokowi Bagikan 12 Juta Sertifikat Tanah

Kompas.com - 17/02/2019, 21:47 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo menjelaskan visi misinya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOCalon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo menjelaskan visi misinya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kandidat presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sepanjang 2017-2018, pemerintahnya telah membagikan lebih dari 12 juta sertifikat tanah kepada masyarakat.

Rinciannya, pada tahun 2017 sebanyak 5 juta sertifikat tanah, dan 2018 sebanyak 7 juta sertifikat tanah.

Pembagian sertifikat tanah ini dimaksudkan agar masyarakat memiliki hak hukum atas tanah yang dimiliki.

"Lewat sertifikat bisa digunakan untuk jaminan agunan," ujar Jokowi dalam debat capres ke-II di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Baca juga: Debat Infrastruktur, Kunci Kemenangan Capres 2019?

Selain itu, selama dua tahun ini Jokowi mengklaim telah membagikan 2,6 juta konsesi lahan lewat perhutanan sosial.

Sementara, mengutip laman Sekretariat Kabinet, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sepanjang tahun 2018 telah membagikan sebanyak 9,3 juta sertifikat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lengkapnya, tahun 2017 pemerintah menerbitkan 5,4 juta sertifikat tanah dari target 5 juta dan tahun 2018 diterbitkan 9,3 juta sertifikat tanah dari target 7 juta.

"Untuk tahun ini, target kami 9 juta bisa disertifikatkan, namun saya optimistis mampu mencapai 11 juta sertifikat tanah,” kata Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil dalam acara penyerahan sertifikat tanah di Kabupaten Aceh Barat, Jumat (15/2/2019).

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Visi Misi Capres-Cawapres Bidang Infastruktur

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X