Kompas.com - 17/02/2019, 20:51 WIB
Presiden Joko Widodo ketika memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Sabtu 16 Februari 2019, terkait dukungan terhadap anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas. Dok. Rusman - Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo ketika memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Sabtu 16 Februari 2019, terkait dukungan terhadap anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menilai, kinerja tim pembangunan infrastruktur di bawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) kurang efisien.

Hal ini karena banyak infrastruktur yang dikerjakan dengan terburu-buru tanpa studi kelayakan (feasibility study) yang benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, dia menghargai niat Jokowi dalam memimpin pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Debat Infrastruktur, Kunci Kemenangan Capres 2019?

"Saya menghargai niat Pak Jokowi dalam memimpin pembangunan infrastruktur. Saya juga harus menyampaikan kemungkinan besar, tim Pak Jokowi itu bekerjanya kurang efisien," kata Prabowo saat debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Karena dilakukan tanpa uji kelayakan itulah, tambah Prabowo, banyak proyek infrastruktur yang tidak efisien, sehingga merugi dan bahkan menjadi sulit untuk dibayar pinjamannya.

Baca juga: FITRA: Proses Pencairan Dana, Celah Korupsi Infrastruktur

"Infrastruktur harus untuk rakyat, bukan rakyat untuk infrastruktur. Enggak bisa infrastruktur nanti jadi monumen, tapi tidak dimanfaatkan. Sebagai contoh LRT di Palembang dan Lapangan Terbang Kertajati," kata dia.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Visi Misi Capres-Cawapres Bidang Infastruktur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.