Kementerian PUPR Prioritaskan 4 KSPN

Kompas.com - 16/02/2019, 08:00 WIB
Kementerian PUPR juga membangun Ruang Terbuka Publik (RTP) berupa taman bermain anak-anak dan memperbaiki jalan lingkungan di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol. Dok. Kementerian PUPRKementerian PUPR juga membangun Ruang Terbuka Publik (RTP) berupa taman bermain anak-anak dan memperbaiki jalan lingkungan di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol.

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan pengembangan empat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dari 12 kawasan yang saat ini terus digarap.

Menurut Kepala BPIW Hadi Sucahyono, empat KSPN prioritas tersebut yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Empat kawasan ini jadi prioritas karena tren turis terus meningkat. Selain itu, juga mempunyai potensi untuk dikembangkan. Jadi dengan trigger investasi di sana diharapkan potensi ekonominya cepat meningkat,” ucap Hadi dalam diskusi PUPR Expo 4.0 di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Hadi menuturkan, sebelum mengembangkan KSPN tersebut, BPIW melakukan lima langkah perencanaan.

Pertama, membuat konsensus dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) di tingkat nasional, provinsi, dan kota atau kabupaten, yang melibatkan pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Baca juga: Toraja dan Mandeh Dijadikan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

“Yang penting itu adalah koordinasi antar-stakeholder. Di tingkat pusat, kami melakukan rapat di kantor Wapres yang dihadiri Kementerian PUPR, Kemenpar, Kemenhub, dan lain-lain. Juga bagaimana koordinasi dengan pemda setempat, swasta, dan masyarakatnya,” ujar Hadi.

Langkah kedua yaitu menentukan obyek dan tujuan prioritas dalam kawasan pariwisata strategis.

Kemudian, langkah ketiga, mengidentifikasi kebutuhan infrastruktur, terkait kawasan pariwisata, misalnya bandara, jalan, air dan sanitasi, drainase, listrik, ruang terbuka hijau, dan rest area.

Berikutnya, mengoptimalkan kapasitas kawasan untuk turis asing dan domestik yang sesuai dengan perkiraan peningkatan jumlah turis.

Terakhir, menyiapkan rencana pengembangan kawasan terpadu (masterplan) untuk kawasan pariwisata strategis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X