Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasionalisasi Tol Paspro Tak Perlu Tunggu Peresmian

Kompas.com - 11/02/2019, 09:43 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) dapat dioperasikan tanpa harus menunggu diresmikan. Jalan tol ini sebelumnya telah dibuka fungsional saat arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, uji laik fungsi tengah dilakukan terhadap jalan bebas hambatan sepanjang 31,3 kilometer ini.

"Tidak harus menunggu diresmikan. Pengoperasian tol bisa dilakukan sehingga bisa dilakukan sehingga bisa segera digunakan masyarakat," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/2/2019).

Menurut dia, pengoperasian serupa juga pernah dilakukan. Tepatnya, pada salah satu ruas Tol Trans Sumatera.

Baca juga: Jatuhnya Enam Girder Tol Paspro Diduga Human Error

"Seperti tol di Medan juga ada Seksi I sudah diresmikan, maka seksi II nya sudah tinggal langsung pakai dan tidak perlu seremonial lagi," kata dia.

Dengan beroperasinya tol ini akan memangkas waktu signifikan perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

Konektivitas yang lebih baik juga akan membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Untuk diketahui, Tol Paspro dibangun dengan investasi sebesar Rp 4,6 triliun untuk tiga seksi dengan konsesi 50 tahun.

Ada empat buah rest area tipe B yang dibangun, yakni masing-masing dua di jalur kiri dan kanan.

"Lahan yang disiapkan hampir empat hektar untuk masing-masing rest area. Rest area tipe B ini tidak ada SPBU nya. Jarak antar rest area adalah 7,5 kilometer," kata Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, Dwi Pratikno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com