Kompas.com - 08/02/2019, 11:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati jumlah utang luar negeri Indonesia terus bertambah dalam empat tahun terakhir, namun pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol yang didanai dari pinjaman asing minim.

Ekonom Senior Cyrillus Harinowo mengatakan, sebagian besar pendanaan proyek infrastruktur berasal dari pinjaman perbankan, baik bank BUMN maupun swasta.

"Jalan tol dan sebagainya itu komponen utang luar negerinya kecil sekali. Sangat kecil," ungkap pria yang juga merupakan Komisaris Independen PT Bank Central Asia Tbk tersebut di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Menurut dia, banyak perbankan dalam negeri yang bersedia menyalurkan kredit di sektor ini karena potensinya besar.

Baca juga: Investor Enggak Akan Mau Pinjamin Duit Kalau Besok Indonesia Bubar

Di samping itu, adanya jaminan kepastian dari pemerintah untuk pengembalian pinjaman tepat waktu juga turut menjadi pertimbangan utama.

Seperti pada pembiayaan proyek Tol Batang-Semarang. Saat itu dibutuhkan dana talangan Rp 2 triliun, dan BCA ikut dalam penyaluran kredit korporasi melalui skema kredit patungan atau sindikasi.

"Pada waktu itu yang kita pikirkan adalah, oke ini ada pemerintah, negara. Kemudian yang terakhir bagaimana kalau ujung-ujungnya pemerintah kasarannya mundur-mundur bayarannya, bagaimana Jasa Marganya. Kita percaya Jasa Marganya," tutur Cyrillus.

Saat itu, tenor sindikasi adalah dua tahun. Namun dalam jangka waktu enam bulan, pinjaman tersebut telah dilunasi pemerintah setelah Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN) membayar dana talangan.

"Jadi dari sini saya melihat, dari sisi BCA, bahwa pemerintah itu komitmennya tinggi sekali. Sekali janji dibiayai, betul-betul dibiayai. Jadi sekali lagi kalau utang luar negeri, untuk infrastrutkur jalan tol itu sangat kecil," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.