Terkait Tarif, Kendaraan Logistik Bebas Memilih Lewat Tol atau Arteri

Kompas.com - 07/02/2019, 22:41 WIB
Gerbang Tol Mojokerto di Tol Kertosono-Mojokerto , Jawa Timur, Minggu (18/6/2017). Tol Kertosono-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGGerbang Tol Mojokerto di Tol Kertosono-Mojokerto , Jawa Timur, Minggu (18/6/2017). Tol Kertosono-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer.

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pengusaha logistik mengeluhkan mahalnya tarif Jalan Tol Trans-Jawa. Mereka mengaku harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk perjalanan kendaraan logistiknya.

Merespons keluhan tersebut, Direktur PT Astra Infra Toll Road Wiwiek D Santoso mengatakan, pengusaha logistik seharusnya melakukan perbandingan dari berbagai komponen.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui mana yang lebih mahal dan mana yang lebih murah.

“Sebenarnya mahal dan murah itu kan relatif. Jadi harus ada pembandingnya. Kalau dibandingkan dengan lewat jalan arteri yang tidak berbayar, ya harus dihitung juga penghematan yang didapat dengan lewat tol,” ucap Wiwiek kepada Kompas.com, Kamis (7/2/2019).

Penghematan yang dia maksudkan antara lain terkait waktu tempuh perjalanan yang dilakukan, biaya bahan bakar minyak (BBM), serta biaya perawatan kendaraan.

Jika sudah memperhitungkan komponen tersebut secara keseluruhan, barulah mereka dapat mengetahui mana yang biayanya lebih mahal.

Baca juga: Perjalanan Lewat Tol Bisa Hemat Biaya 30 Persen

Menurut Wiwiek, biaya perjalanan menuju tempat yang sama melalui jalan tol seharusnya akan lebih hemat dibanding lewat jalan arteri. Namun, dia tidak menyebutkan seberapa besar penghematan tersebut.

Meski demikian, dia menyerahkan kembali kepada masyarakat, termasuk para pengusaha angkutan logistik, sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Mereka bebas menentukan pilihan untuk memanfaatkan jalan tol atau tetap melalui jalan arteri.

“Jalan tol adalah jalan alternatif sehingga pengguna jalan bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka,” imbuhnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X