Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Perkantoran di Vietnam Makin Menggiurkan

Kompas.com - 26/01/2019, 12:23 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para konsultan properti di dunia memprediksi Kota Hanoi dan Ho Chi Minh di Vietnam akan terus menjadi pasar ruang perkantoran yang menarik secara global pada 2019.

Wakil Direktur Pelaksana Savills Troy Griffiths mengatakan, pasar ruang perkantoran di kedua kota itu menunjukkan kinerja yang baik pada tahun lalu dan diperkirakan akan berlanjut tahun ini.

Permintaan ruang kantor sangat tinggi meski terkendala masalah jumlah suplainya.

"Permintaan begitu kuat, terutama dari sektor jasa keuangan yang sedang saat ini berkembang, seperti asuransi dan perbankan. Sebagai konsekuensinya, bisnis penyewaan kantor di semua kelas akan naik," ujar Griffiths, seperti diberitakan Retailnews.asia, Rabu (23/1/2019).

Dia mengatakan, penyewaan kantor  di Hanoi tahun ini diperkirakan tumbuh 7 hingga 15 persen di semua kelas perkantoran.

Baca juga: Vietnam Kucurkan Rp 6,9 Triliun Bangun Terminal 3 Bandara Tan Son Nhat

Sementara di Ho Chi Minh, pertumbuhan diproyeksi sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 11 persen untuk perkantoran kelas A.

“Bisnis penyewaan kantor cenderung meningkat, termasuk pasokan juga akan bertambah. Hunian juga akan bertumbuh di atas 90 persen. Ini akan menjadi cerita menarik untuk tahun 2019," ucap Griffiths.

Menurut data statistik, investasi asing di Vietnam  pada 2018 menunjukkan angka lebih dari 19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 267 triliun. Ini merupakan catatan jumlah tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Komitmen negara dalam perjanjian perdagangan bebas, termasuk Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), yang berlaku mulai 14 Januari 2019 juga diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga permintaan positif di pasar perkantoran juga meningkat.

Kepala penelitian di perusahaan konsultasi real estat CBRE, Dung Duong, mengatakan, Hanoi dan Ho Chi Minh akan terus menjadi pasar perkantoran berkinerja terbaik di dunia tahun ini.

“Harga penyewaan ruang kantor kelas A di Ho Chi Minh diperkirakan rata-rata meningkat 4 persen pada 2019, sedangkan tingkat hunian akan mencapai 96 persen,” tutur Duong.

Sementara di Hanoi, penyewaan ruang kantor kelas A dan B diharapkan tumbuh semakin positif, terutama di kelas A yang pada tahun ini mengalami penambahan pasokan perkantoran baru di kawasan pusat bisnis (CBD).

Baca juga: Google Siapkan Kantor Perwakilan di Vietnam

Berdasarkan laporan perusahaan manajemen investasi real estat Jones Lang LaSalle (JLL), suplai ruang perkantoran baru untuk kelas B dan C di Ho Chi Minh bertambah 60.269 meter persegi pada 2018.

Dengan demikian, total persediaan sekarang hampir 1,97 juta meter persegi.

Laporan itu juga mengatakan, semakin menguatnya permintaan telah mendorong tingkat hunian menjadi lebih dari 96 persen pada akhir tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com