Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2019, 19:54 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber 4hoteliers

KOMPAS.com - Beberapa hal yang sempat menjadi tren populer di industri perhotelan tahun lalu diprediksi masih akan berlanjut.

CEO dan Presiden RAR Hospitality Robert. A Rauch mengatakan, tahun lalu beberapa tren seperti analitik, media sosial, realitas virtual, dan lain-lain masih akan memainkan peran dalam bisnis ini.

1. Personalisasi

Eropa dan California telah mengeluarkan peraturan mengenai keamanan data personal. Peraturan ini memungkinkan setiap konsumen untuk meminta kembali setiap data pribadi yang telah diambil tanpa memberikan dampak ke perusahaan atau entitas.

Hotel mengetahui data setiap tamu mulai dari penggunaan wi-fi, preferensi tempat tidur, hingga makanan dan minuman favorit.

Pihak hotel dalam hal ini bisa menggunakan software Cutomer Relationship Management untuk menjalin koneksi dan memastikan bahwa data mereka tidak akan pernah dibagikan ke pihak lain.

Bangun kepercayaan kepada konsumen dengan membuat buletin atau website dengan unsur personal yang kuat.

2. Kantor bersama (co-working space)

Sudah bukan rahasia jika ruang kolaborasi atau perkantoran bersama (co-working space) sangat diminati.

Konsep ini nantinya akan menjadi tren di bisnis perhotelan. Ruang-ruang publik bisa dimanfaatkan dengan cara-cara baru. Salah satunya dengan mengubahnya menjadi ruang kolaborasi.

Suasana yang cenderung lebih santai membuat para pekerja merasa lebih nyaman. Keberadaan fasilitas ini nantinya memungkinkan para tamu untuk menikmati layanan lain yang disediakan.


Ilustrasi hotelDragonImages Ilustrasi hotel
3. Customer Acquisition Cost memberikan dampak pada nilai aset

Mendapatkan pendapatan dari sumber yang tidak membutuhkan komisi atau biaya penjualan tambahan, dapat meningkatkan penerimaan bagi arus kas dan nilai perusahaan.

Jika perusahaan menggunakan jasa dari situs evaluasi dan penyedia pendapatan seperti Kalibri Labs, maka metrik baru yang harus diperhatikan adalah COPE (Contribution to Operating Profit and Expense) dan NIPAR (net income per available room).

4. Nilai jangka panjang

Halaman:
Sumber 4hoteliers
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com