Tahun Ini, Pemerintah Bangun 166 Jembatan “Indiana Jones”

Kompas.com - 22/01/2019, 17:58 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada acara Indonesia Development and Business Summit New Construction Opportunity 2019 and Beyond Infrastructures di Jakarta, Selasa (22/1/2019). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAMenteri PUPR Basuki Hadimuljono pada acara Indonesia Development and Business Summit New Construction Opportunity 2019 and Beyond Infrastructures di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dapat membangun 166 jembatan gantung di seluruh Indonesia untuk menggantikan jembatan gantung rusak dan tak laik dilewati atau kerap disebut jembatan "Indiana Jones"

Jembatan gantung ini merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur untuk mendukung kehidupan masyarakat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, sejak 2015 hingga 2018, telah dibangun 164 jembatan gantung.

Dengan demikian, diharapkan target 330 jembatan gantung akan dapat bisa terpenuhi tahun 2019 ini.

Pembangunan itu dilaksanakan sesuai dengan konsep pengembangan wilayah yang sudah ditentukan pemerintah, termasuk oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Membangun jembatan gantung adalah membangun infrastruktur kerakyatan. Jembatan gantung ini menghubungkan antar-desa. Masih banyak sekali kebutuhan untuk menggantikan jembatan Indiana Jones itu supaya jadi jembatan yang layak,” ucap Basuki pada acara Indonesia Development and Business Summit New Construction Opportunity 2019 and Beyond Infrastructures di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Indonesia Disebut Kompetitif jika Biaya Logistik Kurang dari 10 Persen

Kehadiran jembatan itu diharapkan bisa membantu kegiatan sehari-hari masyarakat setempat, misalnya untuk anak-anak pergi ke sekolah, akses ke fasilitas umum seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan, serta untuk aktivitas perekonomian warga.

Selain itu, di bidang pengairan, Kementerian PUPR telah membangun 860.015 hektar jaringan irigasi hingga tahun 2018.

Rencananya, ada 139.410 hektar jaringan irigasi yang dibangun tahun ini sehingga target 1 juta hektar bisa tercapai.

Ada pula pembangunan 56 bendungan, di mana 13 bendungan telah rampung dibangun dan 43 bendungan dalam tahap penyelesaian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X