Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Trans-Jawa Didiskon 15 Persen Selama 2 Bulan

Kompas.com - 20/01/2019, 07:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Trans Jawa akan dioperasikan berdasarkan sistem klaster. Tak hanya itu, selama dua bulan pertama sejak tarif baru berlaku pada 21 Januari mendatang, pengguna jalan akan diberikan diskon 15 persen.

Klasterisasi pengoperasian didasarkan pada wilayah operasi. Ada empat klaster yang telah diatur dari hasil kesepakatan bersama yang dilakukan oleh seluruh badan usaha jalan tol.

Klaster I meliputi Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan. Sementara Klaster II mencakup Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Adapun Klaster III terdiri atas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya.

Baca juga: 21 Januari, Tujuh Ruas Baru Tol Trans-Jawa Tak Gratis Lagi

Sedangkan Klaster IV meliputi Surabaya-Gempol segmen Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.

Pgs. General Manager Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol, Bagus Cahya AB menjelaskan, diskon tarif diberikan kepada pengguna jalan dengan jarak terjauh pada satu klaster di Klaster II-IV (barrier to  barrier).

"Diskon 15 persen diberikan karena kami memprioritaskan konektivitas yang tercipta antar satu daerah dengan daerah lainnya," jelas Bagus dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/1/2019).

Sebagai contoh, pengguna jalan yang masuk Gerbang Tol Palimanan dan keluar di GT Kali Kangkung atau sebaliknya bisa mendapat diskon ini.

Hal senada juga berlaku bila pengguna jalan masuk dari GT Banyumanik dan keluar di GT Warugunung atau sebaliknya.

Baca juga: Ini Tarif Lengkap Tol Trans-Jawa dari Merak hingga Pasuruan

Kemudian bila pengguna melalui jalan masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya.

"Untuk pengguna jalan yang masuk dan keluar selain dari dan menuju gerbang tol yang telah disebutkan, maka diskon tarif 15 persen tidak berlaku," ujarnya.

Dengan kata lain, diskon tak berlaku untuk ruas Tol Merak-Jakarta, Jalan Tol Trans Jawa Kluster I, Jalan Tol Semarang ABC dan Jalan Tol Surabaya-Gempol (Dupak-Porong).

Tarif tol golongan 1, jarak terjauh untuk ruas tol Trans JawaJasa Marga Tarif tol golongan 1, jarak terjauh untuk ruas tol Trans Jawa
Ia menambahkan, diskon tarif juga khusus berlaku bagi pengguna jalan dengan saldo uang elektronik cukup, tidak berlaku untuk pengguna jalan dengan saldo uang elektronik yang kurang saldo serta juga tidak berlaku untuk uang elektronik yang tidak dapat dibacakan.

Berikut beberapa penghitungan tarif untuk Golongan I jarak terjauh:

1. Jakarta (Jakarta-Cikampek) - Semarang Rp 334.500.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com