Menghitung Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek Saat Beroperasi

Kompas.com - 17/01/2019, 17:20 WIB
Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan beroperasi pada tahun ini. Sejak dibangun pada 2017 lalu, kini pekerjaan konstruksinya telah mencapai 62,5 persen.

Lantas, berapa usulan tarif yang diajukan PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) di dalam perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT)?

"Kalau usulan kami ada di Rp 1.250 per kilometer, yang di atas," kata Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono di lokasi proyek, Kamis (17/1/2019).

Djoko mengaku, tarif yang diusulkan memang lebih mahal ketimbang tarif Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Baca juga: Progres Fisik Tol Layang Jakarta-Cikampek Jauh dari Target

Seperti diketahui, Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 73 kilometer dipatok hanya Rp 15.000 mulai dari Gerbang Tol Jakarta IC hingga Cikampek.

Sementara, bila merujuk pada usulan di dalam PPJT, tarif yang diusulkan JJC saat tol layang sepanjang 36,4 kilometer itu beroperasi sekitar Rp 45.500.

Kendati besaran tarif belum diputuskan, Djoko mengatakan, alasan utama tarif tol ini lebih mahal karena investasi yang dibenamkan cukup besar, yaitu mencapai Rp 13,5 triliun.

Dana sebesar itu digunakan untuk biaya konstruksi.

"Juga masa konsesi, jadi tarif tergantung dari situ," sambung Djoko.

Meski demikian, soal keputusan tarif tersebut akan dikembalikan kepada pemerintah dalam hal ini Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR).

BPJT-lah yang nantinya menetapkan keputusan akhir terkait tarif.

"Apakah ada langkah langkah yang lain diintegrasikan, nah pihak BPJT seperti apa, tapi fokus kami bisa menciptakan jalan ini dengan aman dan cepat tepat waktu," tuntas Djoko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X