Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Fisik Tol Layang Jakarta-Cikampek Jauh dari Target

Kompas.com - 17/01/2019, 14:39 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan dapat dibuka fungsional pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Namun, progres fisik tol layang itu saat ini masih jauh dari target.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono mengungkapkan, sedianya pekerjaan konstruki sudah mencapai 90 persen pada saat ini. Kenyataannya, progres konstruksi baru berkisar 62 persen.

"Kalau untuk roadmap 62,5 persen sampai akhir. Dari target, kita behind target. Mungkin 90 persenan untuk konstruksi (saat ini seharusnya)," kata Djoko saat dijumpai di lokasi proyek, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Konstruksi Tol Layang Jakarta-Cikampek Dimulai Kembali

Ia mengaku, ada beberapa faktor yang menyebabkan perkembangan konstruksi tidak sesuai target. Pertama, banyaknya kendaraan yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek eksisting menjadi tantangan tersendiri.

"Tol ini istimewa bener. Kita berada di lautan kendaraan. Ini butuh kehati-hatian," kata Djoko.

Kemudian, ada pekerjaan konstruksi lain yang dikerjakan secara bersama-sama. Hal itu menyebabkan perlunya pembagian jam kerja (window time) agar seluruh proyek dapat berjalan sesuai target.

Seperti diketahui, selain proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek II, ada pula proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan bersama-sama di sepanjang koridor tersebut.

"Yang ketiga waktunya (target selesai) memang dua tahun ini memang termasuk cepat. Nah, pada perjalanannya, hambatan ini dan itu bisa terjadi. Tapi kita kan mengejar target dengan semangat dan kepastian kerja lagi," ungkapnya.

Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, PT JJC berencana menambah jam kerja dan juga sumber daya dalam kurun dua bulan ke depan.

Hal ini untuk mengejar target agar jalan tol tersebut dapat dibuka fungsional saat Lebaran 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com