Kompas.com - 15/01/2019, 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo, Jumat (23/11/2018), ketika meninjau tol Trans Sumatera ruas Bakauheuni-Terbanggi Besar, Provinsi Lampung. Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo, Jumat (23/11/2018), ketika meninjau tol Trans Sumatera ruas Bakauheuni-Terbanggi Besar, Provinsi Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden No 01 yang juga petahana, Joko Widodo (Jokowi) memastikan Bakauheni di Lampung hingga Banda Aceh, Aceh, tersambung Tol Trans-Sumatra pada 2024 mendatang.

"Sudah kita hitung, dalam tiga bulan ini perkiraan kita ini akan selesai di 2024 tol trans sumatera dari Bakauheni sampai ke Aceh. Baru nanti menginjak (pembangunan tol lain) ke pulau-pulau besar lainnya," kata Jokowi saat menyampaikan capaian pada program Visi Presiden di NET TV, Minggu (13/1/2019).

Untuk diketahui, Tol Trans-Sumatera dirancang sepanjang 2.270 kilometer dengan kebutuhan total nilai investasi sebesar Rp 280 triliun.

Baca juga: Beda Prabowo dan Jokowi Soal Pembangunan Infrastruktur

Sementara, untuk Tol Trans-Jawa, rencana pemerintah menyambungkan Merak hingga Banyuwangi dengan jalan tol harus mundur.

Semula, kedua wilayah ini ditargetkan dapat tersambung jalan bebas hambatan sepanjang 1.138 kilometer pada akhir tahun ini. 

"Kita harapkan tembus pada 2019, tetapi yang di lapangan menyampaikan kepada saya, 'Pak pada 2019 masih sangat sulit, kita harus mundur sampai ke 2020'," ungkap Jokowi. 

Dia mengaku tak mempersoalkan hal tersebut. Hanya, ia meminta, agar pelaksana di lapangan dapat komitmen untuk menyelesaikan target yang telah direncanakan.

"Ya enggak apa-apa, tapi jelas lho ya 2020 selesai. '(Mereka bilang) Insya Allah selesai'. Bener lho ya, pasti saya ulang-ulang," kata Jokowi.

Saat ini, Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Pasuruan. Pada akhir tahun lalu, Presiden pun meresmikan secara serentak tujuh ruas tol yang masuk ke dalam jaringan tol tersebut.

 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.