Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pastikan Lampung-Aceh Tersambung Tol Trans-Sumatera 2024

Kompas.com - 15/01/2019, 20:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden No 01 yang juga petahana, Joko Widodo (Jokowi) memastikan Bakauheni di Lampung hingga Banda Aceh, Aceh, tersambung Tol Trans-Sumatra pada 2024 mendatang.

"Sudah kita hitung, dalam tiga bulan ini perkiraan kita ini akan selesai di 2024 tol trans sumatera dari Bakauheni sampai ke Aceh. Baru nanti menginjak (pembangunan tol lain) ke pulau-pulau besar lainnya," kata Jokowi saat menyampaikan capaian pada program Visi Presiden di NET TV, Minggu (13/1/2019).

Untuk diketahui, Tol Trans-Sumatera dirancang sepanjang 2.270 kilometer dengan kebutuhan total nilai investasi sebesar Rp 280 triliun.

Baca juga: Beda Prabowo dan Jokowi Soal Pembangunan Infrastruktur

Sementara, untuk Tol Trans-Jawa, rencana pemerintah menyambungkan Merak hingga Banyuwangi dengan jalan tol harus mundur.

Semula, kedua wilayah ini ditargetkan dapat tersambung jalan bebas hambatan sepanjang 1.138 kilometer pada akhir tahun ini. 

"Kita harapkan tembus pada 2019, tetapi yang di lapangan menyampaikan kepada saya, 'Pak pada 2019 masih sangat sulit, kita harus mundur sampai ke 2020'," ungkap Jokowi. 

Dia mengaku tak mempersoalkan hal tersebut. Hanya, ia meminta, agar pelaksana di lapangan dapat komitmen untuk menyelesaikan target yang telah direncanakan.

"Ya enggak apa-apa, tapi jelas lho ya 2020 selesai. '(Mereka bilang) Insya Allah selesai'. Bener lho ya, pasti saya ulang-ulang," kata Jokowi.

Saat ini, Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Pasuruan. Pada akhir tahun lalu, Presiden pun meresmikan secara serentak tujuh ruas tol yang masuk ke dalam jaringan tol tersebut.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com