Dapat Perhatian Jokowi, Begini Perkembangan Proyek Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 15/01/2019, 10:00 WIB
Presiden Joko Widodo memborong sejumlah dagangan ibu-ibu penerima program PNM Mekaar di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo memborong sejumlah dagangan ibu-ibu penerima program PNM Mekaar di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek Tol Trans-Sumatera mendapat perhatian dari calon presiden nomor urut 01 yang juga calon petahana, Joko Widodo ( Jokowi).

Bahkan, saat menyampaikan visi dan misi pada program Visi Presiden di NET, Jokowi secara tegas menyebut, setelah Tol Trans-Jawa rampung, pemerintah akan konsentrasi menyelesaikan Tol Trans-Sumatera.

"Ini rampung Tol Trans-Jawa, kita konsentrasi lagi di Tol Trans-Sumatera, dari Bakauheni sampai Aceh," kata Jokowi.

Lantas, seperti apa pembangunan proyek Tol Trans-Sumatera yang sebagian besar ditugaskan pekerjaannya kepada PT Hutama Karya (Persero)?

Baca juga: Prabowo akan Bangun Infrastruktur untuk Penyandang Disabilitas

Melansir data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kompas.com mendapati delapan ruas yang kini tengah digarap. Proyek terbaru yang sedang dikerjakan yaitu Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer.

Groundbreaking atau peletakkan batu pertama pembangunan proyek ini dilaksanakan pada 14 Desember 2018 lalu. Proyek ini terbagi ke dalam enam segmen.

Segmen 1 Simpang Padang Tiji-Simpang Susun Seulimeum (25,7 kilometer), Segmen 2 Seulimeum-Simpang Susun Jantho (6,3 kilometer), dan Segmen 3 Simpang Susun Jantho-Simpang Susun Indrapuri (16 kilometer).

Baca juga: Potensi Ekonomi Bagus, Tol Trans-Sumatera Dijamin Kementerian Keuangan

Kemudian, Segmen 4 Simpang Susun Indrapuri-Simpang Susun Blang Bintang (13,5 kilometer), Segmen 5 Simpang Susun Blang Bintang-Simpang Susun Kuto Baro (7,7 kilometer), dan Segmen 6 Simpang Susun Kuto Baro-Simpang Baitussalam (4,8 kilometer).

Pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli.Dok. Kementerian PUPR Pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli.
Berikutnya, Tol Medan-Binjai sepanjang 16,73 kilometer. Saat ini pembebasan lahan baru mencapai 95,86 persen, sementara konstruksi 88,66 persen.

Untuk Seki 2 dan 3 Helvetia-Binjai, statusnya sudah selesai sepenuhnya dan telah beroperasi sejak 13 Oktober 2017.

Sementara, Seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia, Segmen SS Helvetia-Jl Veteran dan Segmen Jl Veteran-Tj Mulia masih dalam tahap konstruksi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X