Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Bidik Tiga Ruas Tol Beroperasi Tahun Ini

Kompas.com - 04/01/2019, 17:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan, tiga ruas tol dapat beroperasi pada tahun ini. Minimal, ketiga ruas tol tersebut dioperasikan secara fungsional.

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, dua proyek yang sedianya selesai dan dapat beroperasi sebelum musim Lebaran 2019, yaitu Tol Terbanggi Besar-Palembang (Kayu Agung) dan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Menurut Putra, Tol Terbanggi Besar-Palembang sepanjang 189,2 kilometer semula ditargetkan selesai pada Juni 2019.

Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap agar proyek tersebut dapat diselesaikan lebih cepat.

Baca juga: Tahun Ini, Waskita Targetkan Jual 6 Ruas Tol

"Pemerintah menghendaki saat lebaran, itu bener juga. Kalau tidak bisa 100 persen, kami akan coba minimal seperti di Trans Jawa kemarin, fungsional," kata Putra di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Berdasarkan progres monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) per 27 Desember 2018, progres konstruksi untuk kedua seksi yakni Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang (112,2 kilometer) dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung (77 kilometer) telah mencapai 86,76 persen.

"Bulan depan saya akan tracking, mungkin akan lebih bagus hasilnya," ungkap Putra.

Adapun untuk Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated saat ini progres konstruksinya baru mencapai 55,64 persen. Putra mengaku, pekerjaan tol sepanjang 36,37 kilometer ini menjadi momok masyarakat.

"Mudah-mudahan bisa selesai sebelum lebaran, karena itu tergantung dari material pabrik. Apa itu? Box girder. Box girder itu panjangnya 60-70 meter itu harus pabrikasi. Ini apakah supplier bisa penuhi atau tidak," jelasnya.

Ruas terakhir yang ditargetkan selesai adalah Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 45 kilometer.

Dari empat seksi yang dibangun, tiga seksi pertama Grati-Probolinggo Timur sudah beroperasi sejak 1 Desember 2018.

Sementara, Seksi 4 Probolinggo Timur-IC Gending ditargetkan dapat serah terima atau provisional hand over pada Februari 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com