Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waskita Bidik Tiga Ruas Tol Beroperasi Tahun Ini

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, dua proyek yang sedianya selesai dan dapat beroperasi sebelum musim Lebaran 2019, yaitu Tol Terbanggi Besar-Palembang (Kayu Agung) dan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Menurut Putra, Tol Terbanggi Besar-Palembang sepanjang 189,2 kilometer semula ditargetkan selesai pada Juni 2019.

Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap agar proyek tersebut dapat diselesaikan lebih cepat.

"Pemerintah menghendaki saat lebaran, itu bener juga. Kalau tidak bisa 100 persen, kami akan coba minimal seperti di Trans Jawa kemarin, fungsional," kata Putra di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Berdasarkan progres monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) per 27 Desember 2018, progres konstruksi untuk kedua seksi yakni Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang (112,2 kilometer) dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung (77 kilometer) telah mencapai 86,76 persen.

"Bulan depan saya akan tracking, mungkin akan lebih bagus hasilnya," ungkap Putra.

Adapun untuk Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated saat ini progres konstruksinya baru mencapai 55,64 persen. Putra mengaku, pekerjaan tol sepanjang 36,37 kilometer ini menjadi momok masyarakat.

"Mudah-mudahan bisa selesai sebelum lebaran, karena itu tergantung dari material pabrik. Apa itu? Box girder. Box girder itu panjangnya 60-70 meter itu harus pabrikasi. Ini apakah supplier bisa penuhi atau tidak," jelasnya.

Ruas terakhir yang ditargetkan selesai adalah Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 45 kilometer.

Dari empat seksi yang dibangun, tiga seksi pertama Grati-Probolinggo Timur sudah beroperasi sejak 1 Desember 2018.

Sementara, Seksi 4 Probolinggo Timur-IC Gending ditargetkan dapat serah terima atau provisional hand over pada Februari 2019.

https://properti.kompas.com/read/2019/01/04/170000421/waskita-bidik-tiga-ruas-tol-beroperasi-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke