Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Waskita Targetkan Jual 6 Ruas Tol

Kompas.com - 04/01/2019, 16:22 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) kembali berencana melakukan divestasi ruas tol yang mereka miliki tahun ini.

Sebelumnya, Waskita telah melakukan menjual tiga ruas tol pada tahun 2018.

"Ada enam ruas tol yang akan divestasi, mana saja, belum bisa kami sampaikan," kata Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto di Jakarta, Jumat (4/1/2018).

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra memastikan, ruas tol yang akan dijual adalah yang pekerjaannya sudah selesai 100 persen.

Baca juga: Seluruh Anak Usaha Waskita Toll Road Teken Kesepakatan K3

"Supaya tidak ada dispute (selisih)," kata Putra.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Strategi Waskita Haris Gunawan mengungkapkan, divestasi pada tahun ini berbeda dengan divestasi tahun lalu.

Bila sebelumnya, penjualan dilakukan melalui skema reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), tahun ini Waskita akan mendatangi sejumlah calon investor dalam dan luar negeri.

Saat ini, beberapa investor potensial masih didata oleh konsultan. Apabila penjajakan telah dimulai, Waskita akan mendatangi satu per satu investor yang paling potensial.

"Untuk penjualan tahun ini target cash kita saya belum bicara. Tapi yang jelas divestasi tahun ini lima ruas tol target minimal," sambung Haris.

"Yang kami datangi perusahan potensial beli. Seperti di Dubai, Perancis, dan Hongkong," imbuh dia.

Sebelumnya, Waskita Toll Road meraup Rp 5 triliun dari divestasi tiga ruas tol dengan skema RDPT. Ketiga ruas itu adalah Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pasuruan-Probolinggo dengan total panjang 123,8 kilometer.

RDPT ini diterbitkan oleh PT Danareksa Investment Management (DIM) sebagai manajer investasi.

Kemudian perusahaan juga bekerja sama dengan PT Bank Mega Tbk sebagai bank kustodian dan PT Danareksa Sekuritas menjadi arranger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com