Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Anak Usaha Waskita Toll Road Teken Kesepakatan K3

Kompas.com - 04/01/2019, 12:50 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rentetan kecelakaan kerja terjadi pada proyek yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada awal tahun lalu.

Guna mencegah kasus serupa berulang pada tahun ini, anak usaha yang berada di bawah PT Waskita Toll Road yang nerupakan bagian dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk, menandatangani kesepakatan penerapan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan (K3L).

Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan, penerapan K3 dalam sebuah pekerjaan proyek infrastruktur menjadi tanggung jawab seluruh pihak, mulai dari pelaksana, kontraktor, konsultan, hingga owner.

"Semua harus ikut tanggung jawab, sehingga kita adakan secara khusus dan membuat kesepakatan untuk menyamakan persepsi," kata Herwidiakto di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Setidaknya, ada sebelas badan usaha jalan tol (BUJT) yang ikut menandatangani kesepakatan tersebut. Baik itu BUJT yang sedang menyelesaikan konstruksi maupun yang akan memulai konstruksi yakni Tol Teluk Balikpapan (TTB).

Herwidiakto mengaku, akibat rentetan kasus kecelakaan kerja yang terjadi tahun lalu, perseroan sempat terpuruk. Bahkan, Direktur Utama Waskita Karya saat itu, M Choliq, sampai dicopot.

"Kita ingat tahun kemarin kita terpuruk dengan beberapa kejadian kecelakaan kerja, dimana tidak hanya kontraktor. Kejadian Becakayu (Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) menjadikan kita viral," ujarnya.

Untuk diketahui, ada 18 proyek tol dimana Waskita memiliki saham di dalamnya. Dari jumlah tersebut, tujuh diantaranya telah beroperasi penuh dan tiga beroperasi sebagian hingga akhir 2018.

Ruas yang beroperasi penuh yaitu Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Medan Kualanamu-Tebing Tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com