Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jasa Marga Antisipasi Macet Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 18/12/2018, 19:02 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk guna menghadapi peningkatan kepadatan volume lalu lintas saat mudik dan balik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Pada musim kali ini, panjang jalan tol yang beroperasi di ruas Tol Trans Jawa bertambah menjadi 901,03 kilometer dan terbentang mulai dari Merak-Pasuran.

Penambahan ini dikontribusi oleh rencana pengoperasian lima ruas tol baru pada 20 Desember mendatang oleh Presiden Joko Widodo.

Kelimanya yaitu Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Salatiga-Kartasura, Tol Wilangan-Kertosono dan Tol Pasuruan-Grati.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengungkapkan, puncak arus mudik Natal diperkirakan pada 22 Desember 2018.

Sementara puncak arus mudik Tahun Baru diperkirakan terjadi pada 28 Desember 2018.

Adapun puncak arus balik Natal diperkirakan pada 25 Desember 2018, dan puncak arus balik Tahun Baru diprediksi pada 1 Januari 2019.

"Natal dan tahun baru nanti ada lonjakan volume lalu lintas, tapi tidak terlalu tinggi," kata Subakti di kantornya, Selasa (18/12/2018).

Selama arus tersebut, ia menuturkan, sejumlah pekerjaan infrastruktur yang sedang dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek akan dihentikan sementara. Seperti proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Light Rail Transit (LRT), dan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Namun, penghentiannya hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu, yakni pada 19-22, 25, 28, 29 Desember 2018, dan 1 Januari 2019. Di luar tanggal tersebu, untuk proyek Tol Japek Elevated masih dapat dilaksanakan pekerjaannya.

"Proyek Japek Elevated masih akan kejar target karena Mei 2019 ditargetkan fungsional sebelum lebaran," kata Subakti.

Selain itu, truk yang membawa muatan berat juga akan dibatasi pergerakkannya. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 115 Tahun 2018, truk dilarang melintasi Tol Jakarta-Cikampek pada 21-22, 25, dan 28-29 Desember 2018 serta 1 Januari 2019.

Antisipasi kepadatan

Untuk mengantisipasi kepadatan, Jasa Marga telah menyiapkan tiga langkah besar yakni pelayanan transaksi, pelayanan lalu lintas, dan pelayanan rest area.

Berikut strategi lengkapnya:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com