Jokowi: Setelah Ada Izin, Investasi Harus Masuk ke KEK Arun

Kompas.com - 15/12/2018, 22:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol di Aceh. Untuk tahap pertama, jalan tol dibangun dengan rute Banda Aceh-Sigli dengan panjang 74 kilometer. Daspriani Y ZamzamiPresiden Joko Widodo meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol di Aceh. Untuk tahap pertama, jalan tol dibangun dengan rute Banda Aceh-Sigli dengan panjang 74 kilometer.

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meresmikan pembangunan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Arun di Lhoksumawe, Aceh, Jumat (14/12/2018).

Peresmian tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan groundbreaking Tol Banda Aceh-Sigli.

Pembangunan KEK dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2017 tentang KEK Arun.

Rencananya, di wilayah tersebut akan dikembangkan beberapa sektor mulai dari energi, petrokimia, agro industri pendukung ketahanan pangan, logistik serta industri penghasil kertas kraft.

Baca juga: Infrastruktur Aceh Dikebut, Jokowi Resmikan 4 Proyek Sekaligus

Presiden pun meminta pemerintah daerah dapat menarik investor untuk mengembangkan KEK Arun.

"Izinnya, kertasnya sudah saya berikan. Jangan sampai sudah diberi KEK tapi investor, investasi tidak masuk. Tidak ada artinya. Kertas ini tidak ada artinya," kata Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, dengan pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli, seharusnya dapat membantu pemerintah daerah untuk menarik investasi masuk ke KEK Arun.

Karena itu, selain tol, Presiden menekankan, perlu juga dibangun jalan koneksi penghubung antara KEK Arun ke tol.

"Jalan tol ini juga integrasikan dengan kawasan ekonomi khusus. Di Lhokseumawe ada kawasan ekonomi khusus. Integrasikan di situ sehingga mobilitas barang dan orang bisa cepat. Pasti investasi akan tertarik masuk," ucap Presiden.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jalan Tol Pertama Di Aceh

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X